Desa Tegalrejo Kotabaru Raih Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup

Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kotabaru meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) level utama tahun 2022.

Oleh Masduki
Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru, meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) level utama tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI. Foto-Humas Pemkab Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU - Desa Tegalrejo, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kotabaru, meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) level utama tahun 2022 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

Piagam dan trofi penghargaan diterima oleh Direktur Bumdes Tegalrejo Tri Widodo dan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar di sela puncak kegiatan Festival Iklim Tahun 2022 di Gedung Manggala Wanabakti KLHK RI.

Prosesi serah terima disaksikan langsung Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotabaru Maulidiansyah.

Direktur Bumdes Tegalrejo Tri Widodo mengatakan ini merupakan penghargaan yang pertama kali didapatkan Desa Tegalrejo.

"Penghargaan yang pertama diterima oleh desa kami. Semoga desa-desa lain di Kotabaru ini juga bisa mendapatkan penghargaan Proklim serupa," harapnya.

Tri mengatakan di usia 40 tahun Desa Tegalrejo baru berhasil mendapatkan penghargaan Proklim di masa kepemimpinan Bupati Sayed Jafar.

Bupati Sayed Jafar mengapreasi raihan penghargaan Desa Tegalrejo dari KLHK RI tersebut.

"Tentu ini prestasi yang membanggakan, dan patut dicontoh desa-desa lainnya," ujar Sayed, Rabu (2/3).

Hal senada diucapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru Maulidiansyah. Ia mengaku bersyukur dan bangga atas torehan prestasi itu.

Selain itu, Maulid mengaku telah banyak desa yang dibina, namun keberhasilan baru ditunjukkan oleh Desa Tegalrejo.

"Semoga saja kedepan semua desa masuk desa Proklim pada semua kategori. Jadi, paling tidak persoalan-persoalan lingkungan bisa terkurangi," tandasnya.