Pemilu 2024

Demokrat Bakal Cari Koalisi Baru Demi Kursi Cawapres untuk AHY

Partai Demokrat disinyalir bakal mencari ceruk koalisi baru yang mampu mengakomodir ambisi nominasi calon wakil presiden (cawapres) untuk AHY

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono. (Foto: apahabar.com/Aditama)

apahabar.com, JAKARTA - Partai Demokrat disinyalir bakal mencari ceruk koalisi baru yang mampu mengakomodir ambisi nominasi calon wakil presiden (cawapres) untuk Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sebab Demokrat telah kadung kecewa lantaran keputusan sepihak mengusung Muhaimin Iskandar menjadi cawapres Anies Baswedan.

"Jika Partai Demokrat lepas dari koalisi perubahan persatuan (KPP), ada kemungkinan akan mencari mitra koalisi lainnya yang lebih menjanjikan untuk memberikan tiket Cawapres," kata Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS) Nyarwi Ahmad di Jakarta, Jumat (1/9).

Baca Juga: PKB Semringah Ada Tawaran NasDem Usung Duet Anies-Cak Imin

Nyarwi menambahkan Partai NasDem yang diisukan menggandeng Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar sempat menggegerkan jagat politik tanah air.

Bahkan membuat Partai Demokrat menjadi berpikir ulang untuk tetap bertahan di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Maka Partai Demokrat akan mencari pelabuhan baru untuk menjalin kerja sama politik. Termasuk membuka kemungkinan AHY mengisi lapis kedua jika Sandiaga Salahuddin Uno gagal mendapat tiket cawapres Ganjar Pranowo. 

Baca Juga: Sigap! PKB Adakan Rapat Pleno, Bahas Pergerakan Lanjutan Cak Imin

"Jika Sandiaga Uno peluangnya kecil untuk mendapatkan tiket Cawapres Ganjar Pranowo, bisa juga akan mendorong PPP untuk mencari mitra koalisi dari partai-partai lainnya yang bisa menawarkan tiket Cawapres atau bahkan Capres,"jelasnya.

"Bahkan masih terbuka peluangnya untuk bersama-sama dengan Partai Demokrat membangun blok koalisi baru," pungkasnya.