Pemilu 2024

Demi Kuasai Senayan, Golkar Rekrut Eks Kapolda Kalsel hingga Artis

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merekrut belasan purnawirawan Polri, TNI, kepala daerah hingga artis untuk merebut dan menguasai Senayan

Eks Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen (Purn) Rikwanto, dan mantan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Sutarto resmi bergabung dengan Partai Golkar untuk memenangkan Pemilu 2024. Foto: Istimewa

apahabar.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merekrut belasan purnawirawan Polri, TNI, kepala daerah hingga artis untuk merebut dan menguasai Senayan dengan mematok target 20 persen perolehan kursi di DPR.

"Target kursi Partai Golkar adalah 20 persen dan perkiraan hari ini sekitar 126 kursi di DPR RI," kata Airlangga di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Minggu (19/3).

Baca Juga: Golkar Umbar Tiket Cagub Jabar, Ridwan Kamil Tersingkir?

Di antaranya mantan Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen (Purn) Rikwanto, mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Irjen (Purn) Ronny Sompie S, dan eks Kapolda Babel dan Kapolda Bengkulu Irjen (Purn) Yovianes Mahar.

Bahkan mantan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Prof Sutarto Hadi pun resmi mengenakan jaket kuning dan didapuk menjadi calon anggota legislatif yang bakal bertarung di Pileg 2024.

"Bakal menjadi caleg Golkar Pak Ronny Sompie, Pak Sutarto, Pak Rikwanto, semuanya Jenderal," ujarnya.

Baca Juga: Elektabilitas Kecil, Partai Golkar Realistis Tentukan Nasib Airlangga Hartarto

Menko Perekonomian RI ini juga menjelaskan sejumlah figur lain juga ikut memperkuat Partai Golkar dalam meraih kemenangan di Pemilu 2024.

Mereka yakni mantan Deputi Operasi Basarnas Mayjen (Purn) Tatang Zainuddin, dan mantan Direktur BIN Irjen (Purn) Yuskamnur, mantan Danrem sekaligus Wakil Rektor Ill UNHAN Mayjen (Purn) Hipdizah, dan eks Staf Ahli Panglima TNI Mayjen (Purn) Ronny.

Lalu Ketua Yayasan Toga Sinaga Medan Kolonel (Purn) Hombar Sinaga; eks Kabidkum Polda Sumatra Utara Kombes (Purn) Maruli Siahaan, dan mantan staf ahli Kejagung RI Mangihut Sinaga.

Baca Juga: Jadi Kader Golkar, Ridwan Kamil Sulit Maju sebagai Cawapres

Kemudian, Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi, Wakil Bupati Kabupaten Mandailing Natal Atika Azmi Utami, aktivis muda dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Rian Ernest hingga dua figur publik Sultan Pasha Djorghi dan Tengku Firmansyah.