Nasional

Debat Ketiga, Para Kandidat Jangan Sungkan!

apahabar.com, JAKARTA – 17 Maret menjadi salah satu hari paling dinanti oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Sebab,…

Debat ketiga Pilpres 2019 akan segera dilangsungkan KPU. Ma’ruf Amin meminta Sandiaga tak perlu sungkan terhadap dirinya. Foto-Twitter Sandiaga Uno

apahabar.com, JAKARTA – 17 Maret menjadi salah satu hari paling dinanti oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Sebab, debat ketiga Pilpres 2019 akan mempertemukan para calon orang nomor dua di Tanah Air.

Soal ini, cawapres nomor urut 01 Kiai Haji Ma’ruf Amin sudah meminta calon rivalnya dalam debat nanti tak usah sungkan terhadap dirinya.

“Yang penting laksanakan dengan santun dan sopan. Bukan hanya Pak Sandi ke saya. Saya juga yang tua ke yang muda, harus saling menghormati,” jelas Ma’ruf dikutip dari Kompas.com.

Menurutnya, saling serang adalah hal yang wajar. Asal, serangan yang dilancarkan berkaitan dengan ide, gagasan, dan program masing-masing kontestan.

Pernyataan ini dilontarkan setelah ia membaca sejumlah surat kabar yang memuat pernyataan Sandiaga tak akan menyerang ulama dalam debat.

“Kan tanya jawab. Debat kan tidak berarti 'berantem'. Tanya jawabnya gimana. Saya ditanya, jawabnya gimana. Itu kan tanya jawab,” ujar Ma’ruf.

Baca Juga:TKN Klaim Jokowi Menang Telak, BPN Prabowo Protes

Baca Juga: Town Hall Meeting Dinilai Ideal untuk Debat Capres

Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade memastikan, Sandiaga akan tetap menghormati KH Ma'ruf Amin sebagai ulama dalam debat nanti.

"Jadi saya rasa Bang Sandi akan tetap seperti biasa menghormati KH Ma'ruf, meskipun 'lawan' debatnya," kata Andre dikutip dari Okezone, hari ini, Rabu (19/2).

Andre menyebut, mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu akan lebih fokus kepada pemaparan program Prabowo-Sandi yang akan mengedepankan perubahan untuk Indonesia lebih baik.

"Pastinya bang Sandi akan memaparkan program-program Prabowo-Sandi. Yang pastinya akan menawarkan solusi-solusi kongkrit untuk perbaikan bangsa. Lalu, tentu Bang Sandi akan menghargai KH Ma'ruf," ujarnya.

Yang pasti, terlepas dari itu, kedua belah pihak mesti menekankan pentingnya untuk sama-sama mengikuti aturan debat yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), selaku penyelenggara.

Baca Juga:TKN Bantah Jokowi Pakai Alat Bantu Saat Debat Pilpres 2019

Baca Juga: Usai Debat, TKN dan BPN Saling Klaim Kemenangan 6-0

Editor: Fariz Fadhillah