Tak Berkategori

Daya Mampu Aman, PLN: Natal dan Tahun Baru di Kaltimra Bebas Biarpet

apahabar.com, BALIKPAPAN – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra)…

Foto-net

apahabar.com, BALIKPAPAN – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra) menjamin jaringan listrik natal dan pergantian tahun 2018 ini.

Mereka membentuk 26 posko siaga natal dan tahun baru di tempat ibadah serta pusat keramaian seluruh area Kaltimra.

"Terdapat 26 posko siaga natal dan tahun baru yang beranggota 704 petugas di PLN Kaltimra," kata General Manager PLN Wilayah Kaltimra, Riza Novianto Gustam, Senin (24/12).

Riza mengatakan, posko siaga PLN dibuka sejak 18 Desember hingga 8 Januari 2019 mendatang. Pihaknya menjamin pasokan listrik agar tidak mengganggu kegiatan ibadah umat nasrani selama perayaan Natal.

Tim siaga, menurutnya, bersifat tanggap darurat merespon cepat seluruh permasalahan darurat atau emergency. Mereka merupakan teknisi listrik PLN yang sudah berpengalaman di bidangnya.

"Namun, kita sama-sama berharap kondisi kelistrikan aman dan handal selama Natal dan Tahun Baru ini, juga untuk seterusnya," kata Riza.

Seluruh Kantor Unit Pelayanan PLN Kaltimra pun telah bersiaga menggelar pasukan dan peralatan teknis jelang pergantian tahun. Mereka ini merupakan unit pelayanan PLN yang berada di Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau hingga Tarakan.

Baca Juga:Pengamanan Natal dan Tahun Baru di Banjar: Kemacetan Jadi Atensi

"Memasuki minggu ketiga di bulan Desember ini telah melakukan gelar pasukan dan peralatan yang diikuti oleh tim siaga. Tim siaga terdiri dari petugas pelayanan teknik, petugas pemeliharaan dalam keadaan bertegangan (PDKB), serta petugas pengatur distribusi," ungkapnya.

Bersamaan waktunya, PLN meniadakan pemeliharaan jaringan listrik selama momen perayaan natal dan tahun baru 2019. PLN menyelesaikan inspeksi, perbaikan dan pemeliharaan jaringan guna meminimalkan gangguan.

Sementara ini, PLN Kaltimra mengantongi daya mampu listrik 1.406 MW. Kemampuan daya ini sekiranya cukup membackup beban puncak listrik selama natal dan pergantian tahun diprediksi sebesar 1.040 MW.

Artinya, PLN masih menyimpan cadangan daya 366 MW antisipasi kondisi gangguan pembangkit listrik di Kaltimra. Cadangan daya masih tersisa ini nantinya didukung mobile genset yang disiagakan di lokasi gereja wilayah Kaltimra.

"Selain itu, kami juga menyediakan cadangan mobile genset pada beberapa titik gereja untuk kelancaran beribadah bagi masyarakat yang merayakan hari besar ini," ujar Riza.

Lebih lanjut saat terjadi gangguan listrik, PLN mempersilakan masyarakat menghubungi hotline PLN 123. Petugas PLN bersiaga menindaklanjuti laporan gangguan yang masuk.

Baca Juga:Natal Tahun Baru di Kalsel: Wakapolda Cek Kesiapan Pos Pam Polsek Gambut

Sumber: Rilis
Editor: Fariz