Damkar Tapin Evakuasi Pohon Tumbang Timpa Mobil dan Bengkel di Lokpaikat

Sebuah insiden mendebarkan terjadi di Desa Binderang, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, ketika sebuah pohon besar tiba-tiba tumbang di bengkel Tabaan Permai

Oleh Sandy
Evakuasi pohon tumbang timpa mobil di Desa Binderang, Kecamatan Lokpaikat, Tapin. Foto - Damkar Tapin.

bakabar.com, RANTAU – Sebuah insiden mendebarkan terjadi di Desa Binderang, Kecamatan Lokpaikat, Tapin. Sebuah pohon besar tiba-tiba tumbang di bengkel Tabaan Permai Motor, Senin (14/10) sore.

Kejadian tersebut mengakibatkan satu unit mobil tertimpa, hingga menyebabkan kerusakan serius di bagian atap dan spion, serta merobohkan sebagian bangunan bengkel.

Tentu saja situasi itu menyebabkan kepanikan, mengingat cuaca sedang cerah tanpa angin kencang ataupun. Diyakini pohon tersebut roboh lantaran sudah tua dan melapuk.

Pemilik bengkel sekaligus saksi, Herra, langsung melaporkan insiden tersebut kepada Pemadam Kebakaran (Damkar) Tapin. Tidak lama berselang, petugas pun berdatangam

Anggota Damkar Tapin, Rahmat Hidayat, menjelaskan tantangan utama dalam penanganan adalah cara mengevakuasi mobil yang terperangkap di bawah dahan besar pohon.

"Kami harus hati-hati memotong dahan kecil yang menimpa mobil terlebih dahulu agar kendaraan bisa dikeluarkan dengan aman," jelas Rahmat.

"Setelah mobil berhasil dikeluarkan, baru kami melanjutkan memotong batang pohon besar. Ini memakan waktu lebih lama, tapi penting untuk mencegah kerusakan lebih parah," lanjutnya.

Proses evakuasi berlangsung cukup lama, karena harus dipastikan setiap potongan dahan tidak memperparah kerusakan mobil maupun bangunan bengkel yang sudah ambruk sebagian.

"Kami selalu siap memberikan respons cepat dalam kondisi apapun. Setiap detik sangat berarti, terlebih dalam situasi yang baru dihadapi," beber Rahmat.

"Kami juga mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan, seandainya melihat tanda-tanda pohon yang berpotensi tumbang agar petugas bisa segera bergerak dan menghindari kerugian lebih besar," tutupnya.