Cuma Punya 6 Siswa, SDN Halangan Tabalong Terancam Ditutup

Setelah menutup dua sekolah dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tabalong berencana akan menutup 1 sekolah lagi.

Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Tabalong. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin.

apahabar.com, TANJUNG - Setelah menutup dua sekolah dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tabalong berencana akan menutup satu sekolah lagi.

Sekolah yang bakal ditutup adalah SD Negeri Halangan di Desa Halangan Kecamatan Pugaan. Rencana penutupan sekolah tersebut karena minimnya murid baru dan peserta didik di sana.

"Saat ini di sekolah tersebut hanya menyisakan enam siswa saja, masing-masing dua orang di kelas 4, 5 dan 6," kata Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar pada Disdikbud Tabalong, Hasbi, ditemui di ruang kerjanya, Jumat (17/2).

Baca Juga: Ini Alasan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tutup Dua Sekolah Dasar di Tabalong

Hasbi menjelaskan kurangnya minat orang tua untuk memasukan anaknya ke sekolah tersebut karena di sekitarnya ada sekolah lain.

"Di sekitarnya ada SDN Sungai Rukam 1, SDN Tamunti, SDN Pugaan dan tidak jauh dari situ juga ada sekolah madrasah," sebutnya.

"Sekolah tersebut juga sudah dikunjungi anggota dewan Komisi 1, kemungkinan pada tahun ajaran baru ini akan dilakukan penutupan," imbuh Hasbi.

Baca Juga: Nenek Hidayah Bebas dari Penjara Arab, Keluarga Berharap Bisa Berkumpul saat Ramadan

Prosedur penutupannya juga sama dengan dua sekolah terdahulu, yaitu sosialisasi, menggelar rapat dengan para orang tua, pemerintahan desa dan kecamatan.

"Jika hasil rapat disepakati ditutup maka akan ditutup melalui SK Bupati Tabalong dengan telaahan staf dari dinas. Tentu sebelumnya para guru di sana akan dimutasi terlebih dahulu, pun demikian dengan siswa tersisa juga akan dipindah ke sekolah terdekat," beber Hasbi.