Cuaca Ekstrem! BPBD Tanah Bumbu Minta Masyarakat Waspada

Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengingatkan kepada masyarakat Bumi Bersujud untuk waspada terhadap cuaca.

Angin kencang dan banjir ROB di Tanah Bumbu. Foto-BPBD Tanbu.

apahabar.com, BATULICIN - Badan Penggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengingatkan kepada masyarakat Bumi Bersujud untuk waspada terhadap cuaca ekstrem.

Sejak beberapa hari terakhir cuaca di Tanah Bumbu dilanda hujan berpetir disertai angin kencang.

"Masyarakat harus waspada dengan cuaca kita saat ini yang lumayan ekstrem," pinta Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu, Sulhadi, kepada apahabar.com, Senin (26/12).

Baca Juga: Pasang Erly Warning System, Upaya BPBD Tabalong Deteksi Dini Adanya Banjir

Sulhadi mengimbau masyarakat yang berada di dekat lokasi infrastruktur seperti tiang listrik serta pepohonan agar lebih berhati-hati.

"Waspada cuaca. Terutama daerah yang rawan banyak pepohonan dan infrastruktur tiang," ucapnya.

Kemudian kepada masyarakat yang berada dekat dengan pesisir laut atau pantai dan bantaran sungai, Sulhadi juga meminta mereka meningkatkan kewaspadaan.

"Angin sangat kencang di daerah pesisir, kemudian juga kondisi hujan yang tinggi, jadi masyarakat harus lebih waspada dengan puting beliung serta meluapnya air atau banjir ROB," ujarnya.

Selain itu, bagi masyarakat daerah pegunungan juga demikian, Sulhadi mengimbau untuk berhati-hati dengan bencana tanah longsor atau pun pohon tumbang.

"Kondisi cuaca ekstrem ini diprediksi akan masih terjadi beberapa hari ke depan. Semua harus tetap waspada untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan," tuturnya.

Baca Juga: Sejarah Kembang Api di Malam Tahun Baru, Mengusir Roh Jahat!

"Apabila terjadi bencana segera melapor ke aparatur desa, aparatur kecamatan dan BPBD Tanah Bumbu, sehingga secepatnya dilakukan upaya pertolongan dan penyelamatan baik harta benda dan jiwa oleh petugas yang menangani," pintanya.

Sulhadi menambahkan pihaknya akan melakukan rapat koordinasi bersama stakeholder terkait antisipasi dan kesiapan penggulangan cuaca ekstrim saat ini.

"Hari ini kita adakan rakoor. Namun pada intinya tim BPBD sudah standby di beberapa tempat yang rawan akan bencana," pungkasnya.