Kota Baru

Covid-19 Masih Merajalela, Vitamin Imun Laris Manis di Apotek Kotabaru

apahabar.com, KOTABARU – Selama pandemi merajalela, vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, atau imun laris manis…

Oleh Syarif
Rahmi, salah karyawan apotek Robert Farma di Kotabaru sibuk melayani pembeli. Foto-Istimewa

apahabar.com, KOTABARU – Selama pandemi merajalela, vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh, atau imun laris manis terjual di sejumlah apotek di Kotabaru.

Saking ramainya pembeli, membuat beberapa apotek di Bumi Sa Ijaan pun harus kewalahan, atau sering kehabisan stok hingga beberapa hari.

“Jadi, selama Covid-19 ini yang paling dicari memang vitamin yang fungsinya meningkatkan imunitas badan,” ujar Rahmi, salah satu karyawan apotek Robert Farma, Sabtu (15/8) malam.

Nama-nama vitamin yang paling ramai itu beragam dan bisa dibeli tanpa dengan resep dokter.

Sementara, yang juga sedang ramai dan tergolong sebagai obat antibiotik- antivirus wajib menggunakan resep dokter.

“Untuk vitamin, Becomzet berkandungan Zink, Sivitzink, Imboost Force, Betadine Kumur, serta Edoestein (obat batuk) ini juga ramai dicari, dan bebas dibeli tanpa resep,” ucap Rahmi.

Rahmi bilang, stok ragam vitamin tersebut sejauh ini masih aman, atau tersedia stoknya di apotek Robert Farma, di kawasan Pal 1 dalam pusat kota.

“Nah, untuk obat antibiotik-antivirus ramai lainnya, namun bisa dibeli menggunakan resep dokter, seperti Oseltamivir, Methisoprinol, Azitromicin, serta Tremenza,” pungkas Rahmi.

Sementara, di apotek Mega Mulia, Kotabaru, yang juga paling diserbu pembeli selama musim Covid-19 ialah vitamin D dan antibiotik Azitromicin.

“Selama pandemi ini, vitamin D dan antibiotik Azitromicin yang banyak dicari. Tapi, itu sekarang sedang kosong. Kalau vitamin C, dan vitamin lainnya stoknya masih aman,” tutupnya.