Es Pleret

Cicipi Segarnya Es Pleret di Kedai Es Semanggi Magelang yang Melegenda

Deretan botol warna-warni terlihat berjajar rapi di raknya, sedangkan para pembeli sibuk mengantre.

Es Pleret di Kedai Es Semanggi (Apahabar.com/Arimbihp)

Apahabar.com, MAGELANG - Deretan botol warna-warni terlihat berjajar rapi di raknya, sedangkan para pembeli sibuk mengantre.

Remang cahaya lorong di kedai itu tidak membuat para pembeli enggan singgah, sekedar melepas penat dan lelah.

Kedai minuman legendaris yang berada di lorong parkir sebuah pusat perbelanjaan di Kota Sejuta Bunga tersebut tak termakan usia, meski usianya sudah lebih dari separuh abad.

Kedai Es Semanggi, warung yang menyajikan aneka minuman segar khas Magelang itu memiliki lebih dari 10 menu dengan harga yang terjangkau. Menurut pemiliknya, harga yang ditawarkan tidak ada yang lebih dari Rp10 ribu.

Baca Juga: Desain Mirip Bandara, Renovasi Terminal Tidar Magelang Ditargetkan Tuntas 2024

Hal itu yang membuat Kedai Es Semanggi mampu bertahan. Selalu ramai diserbu para pelanggan yang datang dari berbagai penjuru negeri.

"Awalnya yang mendirikan kakek. Sekitar 1950 an, dari dulu di basement parkiran ini," ujar Septian Eko (31), pemilik Es Semanggi, saat ditemui apahabar.com, Jumat (15/9).

Menurut Eko, nama Semanggi didapat dari salah seorang pelanggan yang kala itu bekerja sebagai tentara dari daerah Semanggi, Jakarta Selatan.

"Jadi nama Semanggi ini bukan dari kakek, tapi dari pelanggan yang memang dekat sekali dengan kami saat itu, sewaktu masih bertugas di Magelang." terangnya.

Baca Juga: Yuk, Cicipi Ndas Borok, Kuliner Khas yang Hanya Ada di Temanggung

Berbagai menu minuman yang diracik Eko sangat otentik dan diajarkan langsung oleh kakeknya. Salah satu menu andalan yang hanya ditemui di Magelang adalah Es Pleret, minuman berbahan dasar susu, santan, sirup strawberry dan pleret.

Pleret adalah topping berbentuk pipih panjang yang dipotong kecil-kecil, berbahan dasar tepung beras dan memiliki rasa gurih.

Pleret dari tepung beras (Apahabar.com/Arimbihp)

"Menu es pleret ini hanya ada di Magelang, kalau di kota lain adanya gempol," tuturnya.

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam, minuman yang dijual di kedai Es Semanggi milik Eko dibanderol mulai dari hargaRp5.000 hingga Rp7.000 per gelasnya.

Baca Juga: Mencicipi Buntil Lumbu, Kuliner Tradisional hanya Ada di Magelang

Pengunjung juga bebas request tambahan toping seperti roti, tape, ketan, maupun pleret.

Hingga saat ini, Eko menuturkan, sudah terdapat 3 cabang asli Es Semanggi yang dikelola keluarganya, yakni di Jalan Ahmad Yani dan daerah Kejuron, Kelurahan Cacaban.

Tak cuma Es Pleret, Eko juga menyajikan aneka gorengan dan kue basah sebagai pendamping saat menikmati sajian di Kedai Es Semanggi.

Kedai Es Semanggi di Basement Matahari nampak depan (Apahabar.com/Arimbihp)

Seorang pembeli asal Temanggung, Uli (26) menuturkan, es pleret adalah salah satu minuman legendaris yang mengingatkannya pada kenangan masa kecil.

Baca Juga: Yuk Mencicip Ceriping Puyur, Cemilan Gurih Kuliner Khas Temanggung

"Sewaktu masih di Magelang sering beli, sekarang kalau sedang singgah, pasti menyempatkan mampir," tuturnya.

Menurut Uli, rasa es yang disajikan di Es Semanggi sangat istimewa. Rasanya tidak  berubah dari yang pernah dirasakannya dahulu.

"Sudah puluhan tahun, sirupnya dan kuahnya khas. Harganya juga sangat murah, cocok dinikmati di siang hari," kata Uli.

Bagi pengunjung yang penasaran ingin mencicipi Es Pleret di kedai Es Semanggi, bisa datang ke Basement Matahari Departement Store Alun-Alun Magelang. Alamatnya berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 4, Panjang, Kecamatan  Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah.

Pengunjung bisa datang ke kedai utama atau cabangnya, setiap hari pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.