Chipset MediaTek Terbaru

Chipset MediaTek Dimensity 6100 Plus Dukung Ponsel dengan Jaringan 5G

MediaTek baru saja merilis chipset terbarunya yakni Dimensity 6100+ yang sudah bisa dihubungkan pada ponsel pintar dengan jaringan 5G.

Chipset MediaTek Dimensity 6100 plus. Foto: dok. MediaTek

apahabar.com, JAKARTA - MediaTek baru saja merilis chipset terbarunya yakni Dimensity 6100+ yang sudah bisa dihubungkan pada ponsel pintar dengan jaringan 5G.

Deputi General Manager MediaTek untuk Unit Bisnis Komunikasi Nirkabel, CH Chen mengatakan bahwa saat ini telah dimulai transisi konsumen dari 4G LTE ke 5G.

"Jadi tak ada kebutuhan yang lebih utama untuk chipset yang melayani makin banyak perangkat seluler arus utama yang memiliki fitur konektivitas untuk generasi berikutnya,” ujar Chen melalui keterangan persnya, Rabu (12/7).

MediaTek Dimensity 6100+ menghadirkan fitur-fitur mumpuni termasuk fitur hemat daya, tampilan yang jelas, frekuensi gambar tinggi, teknologi kamera bertenaga AI, konsumsi daya rendah terdepan, dan konektivitas Sub-6 5G.

Baca Juga: Tecno Camon 20 Pro Series Andalkan Kamera dan Chipset MediaTek, Harganya?

Chipset ini mengintegrasikan modem 5G yang telah diperbarui, serta mendukung standar 3GPP Release 16 hingga 140MHz 2CC 5G Carrier Aggregation yang signifikan kurangi konsumsi daya melalui teknologi MediaTek UltraSave 3.0+.

Chip Dimensity generasi baru ini menampilkan dua inti besar Arm Cortex-A76 dan enam inti hemat Arm Cortex-A55, yang memungkinkan peningkatan pada fitur-fitur esensial dukungan kamera bertenaga AI, layar 10-bit, kinerja UX, dan optimalisasi kinerja GPU.

Sebagai contoh pada fitur kamera, Dimensity 6100+ dapat mendukung kinerja kamera non-ZSL (Zero Shutter Lag) hingga 108 MP dan untuk perekaman video bisa didukung hingga standar 2K 30 fps (frame per second).

Sementara untuk pemanfaatan AI di kamera nantinya chipset ini bisa menghadirkan fitur "bokeh" untuk foto portrait dengan lebih memuaskan.

Baca Juga: Chipset MediaTek Dimensity 9300 Siap Saingi Snapdragon 8 Gen 3

Melalui dukungan teknologi Arcsoft, MediaTek juga menghadirkan teknologi "AI-color" sehingga pengguna dapat menciptakan kreativitas visual sendiri sesuai kebutuhan.

Chipset ini bisa mendukung tampilan 10-bit yang premium sehingga warna yang dihadirkan di layar untuk pemutaran video hingga tampilan gambar lebih hidup dengan dukungan refresh rate berkisar di antara 90 Hz hingga 120 Hz.

Dengan diperluaskan lini Dimensity 6000, maka MediaTek menghadirkan lebih banyak pilihan produk untuk pasar ponsel pintar untuk berbagai kelas.

Ponsel pintar pertama yang menampilkan Dimensity 6100+ akan tersedia pada kuartal ketiga 2023.