Kalteng

Cegah Karhutla, 17 Kecamatan di Kapuas Dibantu Kendaraan Damkar

apahabar.com, KUALA KAPUAS – 17 kecamatan di Kabupaten Kapuas, Kalteng, mendapatkan bantuan kendaraan roda tiga pemadam…

17 kecamatan di Kapuas mendapatkan bantuan kendaraan roda tiga pemadam kebakaran dari pemerintah. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS - 17 kecamatan di Kabupaten Kapuas, Kalteng, mendapatkan bantuan kendaraan roda tiga pemadam kebakaran.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor kepada perwakilan camat di halaman Kantor Pemkab Kapuas, Senin (7/12).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas, Panahatan Sinaga mengatakan diserahkannya bantuan tersebut untuk memperkuat kecamatan dalam pengendalian, pencegahan dan penanganan Karhutla di wilayahnya masing-masing.

“Seperti memperkuat sumber daya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di kecamatan, khususnya penyedian sarana dan prasarana pengendalian Karhutla,” katanya.

Kemudian meningkatkan peran camat, relawan, dan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing.

“Juga meningkatkan koordinasi antara desa, kecamatan dengan BPBD dan instansi terkait dalam pengendalian, pencegahan dan penanggulangan Karhutla di Kapuas,” jelas Panahatan Sinaga.

Sementara itu Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor berpesan kepada para camat agar dapat memanfaatkan bantuan kendaraan roda tiga Damkar tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Semoga dengan alat, sarana dan prasarana yang ada ini dapat mencegah dengan cepat kebakaran hutan dan lahan dilingkungan kecamatan masing-masing," harapnya.

Acara penyerahan bantuan kendaraan roda tiga Damkar saat itu juga dihadiri Sekretaris Daerah Kapuas Septedy dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah Kabupaten Kapuas.