Kalteng

Cegah Covid-19 di Jalur Perairan, Dishub Kapuas Periksa Kapal

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Upaya mencegah penyebaran virus corona melalui perairan terus dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub)…

Petugas dari Dishub Kapuas bersama KKP Kapuas dan TNI AL saat melakukan pemeriksaan kapal taugboad TB Mitra Jaya XIX asal Surabaya. Foto-Istimewa

apahabar.com, KUALA KAPUAS - Upaya mencegah penyebaran virus corona melalui perairan terus dilakukan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, dengan melakukan pemeriksaan terhadap kapal-kapal yang melewati perairan setempat.

Seperti halnya pemeriksaan yang dilakukan Dishub Kapuas pada Selasa (9/6), terhadap satu buah tugboat yang berlayar dari Surabaya menuju Rangga Ilung, Kabupaten Barito Selatan dengan melewati daerah aliran sungai (DAS) Kapuas. Pemeriksaan dilakukan di Pelabuhan Danau Mare Kuala Kapuas.

Tugboat TB Mitra Jaya XIX tersebut membawa Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 13 orang, mereka semua pun langsung diperiksa kesehatannya, termasuk kelengkapan dokumen kapal dan juga dilakukan penyemprotan disinfektan.

Kepala Dishub Kapuas, Vitrianson mengatakan dalam melakukan pemeriksaan kapal tersebut pihaknya juga bekerjasama dengan jajaran Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Cabang Kuala Kapuas dan personel TNI AL Kapuas.

Menurut Vitrianson dari keterangan petugas yang memeriksa baik dari segi kelengkapan dokumen, kondisi kapal dan kesehatan ABK semuanya dan keadaan baik, tidak ada keluhan sakit dari para ABK serta saat diperiksa keadaan suhu badan semua dalam keadaan normal.

"Semua ABK dinyatakan sehat dan tidak ada keluhan sama sekali serta saat dilakukan pemeriksaan suhu badan semua juga dalam keadaan yang normal," ungkapnya.

Vitrianson menjelaskan, kegiatan pemeriksaan kapal yang mereka lakukan itu bertujuan untuk mencegah penularan virus Covid-19 melalui jalur perairan di wilayah Kabupaten Kapuas.
Mengingat Kapuas saat ini menduduki urutan kedua terbanyak penyumbang kasus positif Covid-19 di Kalimantan Tengah.

“Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kapuas terus berupaya agar kasus positif Covid-19 bisa berkurang bahkan tidak ada lagi kasus positif,” pungkasnya.

Editor: Aprianoor