News

Catat, Ratu Elizabeth II Akan Dimakamkan 19 September 2022

apahabar.com, JAKARTA – Kerajaan Inggris menetapkan proses pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilaksanakan pada 19 September…

Ratu Elizabeth II. Foto-net

apahabar.com, JAKARTA – Kerajaan Inggris menetapkan proses pemakaman Ratu Elizabeth II akan dilaksanakan pada 19 September 2022 di Westminster Abbey, London.

Sebelum pemakaman, jenazah Ratu Elizabeth II bakal disemayamkan di Westminster selama empat hari agar memungkinkan publik memberi penghormatan.

Adapun Jenazah Ratu Elizabeth II saat ini berada di peti mati kayu oak yang ditutupi Standar Kerajaan untuk Skotlandia, dengan karangan bunga di atasnya di ballroom Kastil Balmoral, di Timur Laut Skotlandia.

Mengutip Reuters, pada 19 September nanti, mobil jenazah yang berisi Ratu Elizabeth II itu melewati desa-desa dataran tinggi terpencil ke ibu kota Skotlandia, Edinburgh.

Perjalanan itu berlangsung selama enam jam, dan memungkinkan orang-orang untuk melakukan penghormatan sepanjang jalan.

Peti mati kemudian akan diterbangkan ke London pada Selasa (13/9). Peti mati akan tetap berada di Istana Buckingham sebelum dibawa ke Westminster Hall untuk disemayamkan sampai pemakaman di Westminster Abbey pada pukul 11:00 (1000 GMT) pada 19 September.

Kematian Ratu Elizabeth II yang berusia 96 tahun itu telah memicu air mata, kesedihan dan penghormatan yang hangat, tidak hanya dari keluarga dekat ratu sendiri dan banyak warga Inggris, tetapi juga dari seluruh dunia – yang mencerminkan kehadirannya di panggung dunia selama 70 tahun.

"Kami semua mengira dia tak terkalahkan," kata cucunya Pangeran William, sekarang pewaris takhta.

"Ini benar-benar nyata," ujarnya.