Catat! Berikut Jadwal Debat Publik Pilkada Batola 2024

Pelaksanaan debat publik untuk tiga pasangan calon bupati-wakil bupati di Pilkada 2024, sudah disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Kuala (Batola).

Ketiga pasangan calon peserta Pilkada 2024 dalam deklarasi damai bersama Kapolda Kalimantan Selatan, Irjen Pol Winarto, beberapa waktu lalu. Foto: Humas Polres Batola

bakabar.com, MARABAHAN - Pelaksanaan debat publik untuk tiga pasangan calon bupati-wakil bupati di Pilkada 2024, sudah disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Kuala (Batola).

Direncanakan digelar dua kali debat publik yang masing-masing diselenggarakan 10 dan 18 November 2024.

Selanjutnya dengan berbagai pertimbangan, lokasi debat diputuskan berlangsung di Aula TVRI Kalimantan Selatan.

"Pertimbangan utama pemilihan lokasi adalah keamanan. Tentunya kami enggan debat justru memantik hal-hal yang tidak diinginkan," jelas Komisioner KPU Batola, Akhmad Gafuri, Senin (21/10).

"Kemudian aspek fasilitas juga terpenuhi. Seperti sarana siaran langsung, areal parkir yang luas dan ketersediaan ruangan transit untuk peserta debat," sambungnya.

Adapun tema debat tidak akan melenceng dari visi, misi dan program yang sudah dicantumkan masing-masing pasangan calon dalam berkas pendaftaran.

Agar lebih terarah sesuai tema dan masyarakat semakin yakin dengan pasangan calon yang akan dipilih, KPU Batola juga telah merancang tim perumus dan panelis debat.

Khusus tim panelis, dilibatkan delapan orang yang terdiri atas tokoh masyarakat, profesional dan akademisi.

"Direncanakan debat berdurasi maksimal selama 180 menit. Dari dua kesempatan, tidak terdapat agenda debat tunggal," beber Gafuri.

"Artinya kami tidak menyelenggarakan debat bupati saja atau wakil bupati saja. Semua debat dilakukan berpasangan," pungkasnya.