Kalsel

Cara Unik FPTI Kotabaru Tanamkan Kepedulian Lingkungan untuk Generasi Emas

apahabar.com, KOTABARU – Rasa cinta dan peduli lingkungan memang penting ditanamkan sejak dini kepada muda-mudi sebagai…

Belasan anak berusia dini antusias menerima hadiah setelah menang lomba pungut sampah yang digelar FPTI Kotabaru. Foto-Ancah for apahabar.com

apahabar.com, KOTABARU – Rasa cinta dan peduli lingkungan memang penting ditanamkan sejak dini kepada muda-mudi sebagai generasi emas di masa mendatang.

Di Kotabaru, kalangan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), Kotabaru bersama Crex Borneo punya cara unik untuk menumbuhkan kesadaran tentang lingkungan.

Teranyar, mereka menggelar lomba perang sampah atau memungut sampah. Lokasinya di halaman Kampus STIKIP, dan Jl RT 16 Desa Dirgahayu, Pulau Laut Utara.

Menariknya, lomba itu ramai diikuti peserta. Bahkan, tercatat panitia ada belasan peserta ikut adu cepat memungut sampah.

Hamzah Pansyuri, Pelatih FPTI Kotabaru mengatakan lomba digelar untuk menumbuhkan rasa cinta, dan peduli akan kebersihan bagi anak-anak usia dini terhadap lingkungannya di sekitar.

Lomba sekaligus menyemarakkan HUT RI yang ke-75 tahun 2020.

“Ini mengajarkan agar anak-anak berusia dini di Bumi Saijaan memiliki rasa cinta, dan peduli lingkungan,” ujar Ancah, sapaan akrabnya, Minggu malam.

Ancah bilang, peserta sangat antusias mengikuti lomba perang sampah tersebut. Bahkan, hanya dalam waktu satu jam, sampah seberat 55, 333 Kg berhasil dikumpulkan.

“Luar biasa. Anak-anak antusias sekali. Semoga, semangat anak-anak itu menjadi tradisi, dan semakin cinta kebersihan ke depannya,” harap Ancah.

Sekadar informasi, lomba perang sampah itu mendapat dukungan dari Dinas Lingkungan Hidup, Disporpar, Indorunner, dan Bank Sampah Karya Utama setempat.

Editor: Syarif