Capres Hasil Musra ke-16: Prabowo Tertinggi, Disusul Ganjar dan Airlangga

Musyawarah Rakyat (Musra) ke-16 menempatkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Umum Partai Airlangga

Suasana Musyawarah Rakyat (Musra) ke-6 di Gedung Celebes Convention Center (CCC), Jalan Tanjung Bunga Metro, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel)

apahabar.com, JAKARTA - Musyawarah Rakyat (Musra) ke-16 menempatkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Umum Partai Airlangga Hartarto sebagai tiga besar yang masuk ke bursa calon Presiden 2024 di wilayah Yogyakarta. 

"Konsisten berada di tiga besar. Karakter Kepemimpinan Airlangga disebut sesuai dengan karakteristik masyarakat Jawa," kata Ketua Musra Indonesia, Andi Ghani di Jakarta, Rabu (1/2). 

Ketiga nama bakal capres ini tampak sering mencatatkan namanya di tiga besar figur yang diusulkan Musra di sejumlah daerah. Bahkan, mendominasi di wilayah Jawa sebagai ceruk pemilih terbesar. 

Di urutan pertama, Prabowo Subianto mengantongi 1.074 suara atau 30,19 persen. Kedua, Ganjar Pranowo mendapatkan 907 suara atau 25,5 persen. Sedangkan, Airlangga memperoleh 717 suara atau 20,16 persen, dari total 3.557 voters yang mengikuti acara tersebut.

Ketua Panitia Musra Indonesia Panel Barus mengatakan Prabowo, Ganjar, dan Airlangga yang muncul kerap memenuhi klasemen tiga besar bakal capres yang diambil dari sejumlah wilayah di Indonesia. 

Barus menjelaskan peserta yang hadir di Musra Indonesia selalu berbeda di tiap wilayah. Perolehan suara yang diraih di tiap Musra adalah suara yang nyata sehingga pelaksanaan Musra dapat dijadikan gambaran untuk Pemilu 2024.

Ia mengungkapkan bahwa aspirasi masyarakat yang terekam dalam Musra merupakan aspirasi nyata. Namun, ia juga membuka peluang bahwa partai politik dapat memantik mesin partai untuk dapat menyambut aspirasi Musra.