News

Calon Haji Kalsel Sabar Dulu! Tunggu Keputusan Kementerian Agama

apahabar.com BANJARMASIN – Kanwil Kemenag Kalsel tengah mempersiapkan segala keperluan calon jamaah haji tahun ini. Kabid…

Oleh Syarif
Calon haji Kalsel bersabar sembari menunggu keputusan Kementerian Agama. Foto-Net

apahabar.comBANJARMASIN – Kanwil Kemenag Kalsel tengah mempersiapkan segala keperluan calon jamaah haji tahun ini.

Kabid Penyelenggaraan Haji Dan Umrah, H Rusbandi mengatakan untuk kuota calon haji asal Kalsel masih menunggu keputusan dari Kementerian Agama.

“Kita masih menunggu kuota untuk Kalsel, apakah jumlah sama seperti 2020 atau beda nanti,” kata Rusbandi kepadaapahabar.com, Senin (14/3).

Mengintip kuota haji 2020, Kalsel mendapat jatah sebanyak 3.786 orang ditambah 32 orang Petugas Haji Daerah (PDH) dan 2 orang pembimbingKBIHU.

“Kuota itu baru keluar setelah MoU antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Arab Saudi. Setelah itu baru Kementerian baru mengeluarkan kuota untuk daerah,” sambungnya.

Sementara Rusbandi mengatakan, untuk calon haji yang diberangkatkan jika gerbang haji telah dibuka, ialah jamaah yang sudah melunasi storan haji sesuai dengan daftar tunggu.

Dia menyebutkan lebih dari 3.000 jamaah Kalsel sudah melunasi setoran dan siap berangkat. Namun karena Pandemi Covid-19 yang melanda 2021 keberangkatan pun ditunda.

Untuk tahun ini para calon jamaah haji harus sudah melakukan vaksinasi lengkap, karena data jamaah akan masuk di sistem haji.