Tak Berkategori

Bupati HSS Serahkan Bantuan Buat Lansia

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry menyerahkan bantuan untuk lansia pada…

Penyerahan bantuan untuk untuk lansia Kecamatan Kalumpang. Foto- Humas Pemkab HSS

apahabar.com, KANDANGAN – Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry menyerahkan bantuan untuk lansia pada 2 kecamatan, Kalumpang dan Angkinang.

Pada kesempatan itu H Achmad Fikry didampingi Kepala Dinas Sosial Hj Siti Erma. Bantuan untuk lansia itu program Home Care (perawatan sosial) bertempat Desa Tambingkar Kecamatan Kalumpang, Jumat, (04/10/2019).

Sebelumnya Kamis, (03/10/2019) H Achmad Fikry juga menyerahkan langsung Bantuan Lanjut Usia (Bantu Lu) di Kecamatan Angkinang.

“Kepedulian terhadap orangtua adalah tanggung jawab seorang anak, selain itu apabila tidak ada keluarganya maka itu adalah tanggung jawab lingkungannya, apabila lingkungannya juga tidak bisa maka itu adalah tanggung jawab pemerintah,” tegas H. Achmad Fikry.

Ia berharap bantuan dari Kementerian Sosial ini akan tetap terus berlanjut disamping program-program dari pemerintah daerah yang sudah banyak dirasakan manfaatnya terutama bagi lansia seperti BPJS semesta.

Bupati menitip pesan kepada masyarakat atau tetangga yang berdekatan tinggal dengan lansia. Jika ada lansia yang sakit, segera dikabarkan ke kepala desa. Tujuannya agar bisa diantar berobat ke puskesmas.

"Catatannya, mempunyai KTP Hulu Sungai Selatan, walaupun tidak punya kartu BPJS akan tetap dilayani karena sudah dilindungi oleh BPJS semesta," ungkapnya.

Camat KalumpangSyamsudin, mengatakanatas nama masyarakat Kecamatan Kalumpang ia mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang sudah diberikan.

“Kamibersyukur atas kehadiran dan kunjungan Bapak Bupati HSS ke Desa Tambingkar ini, beliau ini sangat sayang dan sangat perhatian dengan orang-orang tua lanjut usia ini,” katanya.

Diinformasikan, jumlah penerima Bantu Lu di Kabupaten HSS sebanyak 240 orang, dengan besaran dana Rp200 ribu per bulan yang dibayarkan selama duatahap.

Tahap pertama dibayarkan sebanyak enambulan dengan jumlah dana Rp1,2 juta, sementara Program Home Care jumlah penerima di Kabupaten HSS sebanyak 100 orang, dengan besaran dana Rp1,2 juta per lansia.

Turut hadir dalam kegiatan ini alim ulama, ketua Yayasan Ibnu Said Taniran Kubah, pimpinan Bank BNI Cabang Barabai, para kepala desa, lansia dan masyarakat sekitar.

Baca Juga: Bupati HSS Terus Perjuangkan Nasib Guru Honorer

Baca Juga:Lagi, Bupati HSS Hadiri Sertijab 4 Camat

Reporter: Muhammad Fauzi Fadilah/Antara
Editor: Syarif