Gerakan Pasar Murah

Bupati Edi Damansyah Harap Pasar Murah Buat Harga Pangan Terjangkau

Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia, pemerintahmenggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di seluruh wilayah Indonesia. Termasuk di Kabupaten Kukar.

Bupati Kukar, Edi Damansyah saat membuka gerakan pasar murah untuk masyarakat.Foto: Istimewa.

apahabar.com, TENGGARONG - Dalam rangka memperingati hari pangan sedunia, pemerintah menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di seluruh Indonesia. Termasuk di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

GPM di Kukar langsung dibuka oleh Bupati Edi Damansyah di halaman parkir Kantor Bupati Kukar. Acara ini diikuti dengan rangkaian kegiatan penyerahan bantuan beras secara simbolis kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bupati Edi mengatakan acara GPM ini bertujuan untuk menyediakan bahan kebutuhan pokok dan sayuran dengan harga yang terjangkau bagi masyarakatnya. Aktivitas ini akan berlangsung selama dua hari, pada 16-17 Oktober 2023.

Baca Juga: Inovatif, Petani dan Nelayan Bisa Ajukan Kredit Kukar Idaman

Acara GMP ini melibatkan 44 pedagang yang melingkupi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kelompok Wanita Tani (KWT), dan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Melalui Gerakan Pangan Murah dan langkah-langkah lainnya, kita upayakan untuk menekan inflasi secara bersama-sama, dengan tujuan untuk memastikan akses pangan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat,” kata Edi, Senin (16/10).

Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Bupati Edi juga menekankan, pentingnya kerjasama dalam mengendalikan inflasi. Hal itu perlu dilakukan bersama, dimulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Desa.

Program ini didasarkan pada Permendesa PDTT Nomor 97 Tahun 2022, yang memberikan panduan untuk langkah-langkah pengendalian inflasi dan mitigasi dampak inflasi di tingkat desa.

Baca Juga: Disperindag Kukar Dukung Penuh Pengembangan Kawasan Pertanian

Langkah-langkah yang dilakukan seperti penghimpunan data harga harian, evaluasi tren harga pangan mingguan, dan penguatan peran Bumdes sebagai distributor Bulog, serta kerjasama dengan perusahaan lain seperti Id Food.

"Kami berharap kegiatan ini dapat membantu mengendalikan inflasi dan menyediakan akses pangan yang terjangkau bagi masyarakat Kukar,” tandasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)