Bupati Banjar Saidi Mansyur Bantu Sertifikasi Pendamping Desa

Pemkab Banjar melalui Dinas PMD menggelar Rakor Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Sabtu (21/9) pagi.

Pemkab Banjar melalui Dinas PMD menggelar Rakor Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Sabtu (21/9) pagi.

bakabar.com, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar rapat koordinasi Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) di Mahligai Sultan Adam lantai 2 Martapura, Sabtu (21/9) pagi.

Dalam kesempatan itu, Bupati H Saidi Mansyur menegaskan Pemkab Banjar berupaya membantu sertifikasi pendamping sebagai bentuk penghargaan. Diharapkan pendamping yang nantinya ikut sertifikasi agar bisa mengikuti dengan sebaik-baiknya.

“Agar nantinya apabila ikut sertifikasi diikuti dengan baik, benar dan wajib lulus, karena peningkatan kapasitas kami laksanakan kepada siapapun bahkan di pemerintahan desa sendiri,” papar Saidi.

Saidi berharap desa dikawal semaksimal mungkin agar desa bisa menjalankan roda pemerintahan desa.

“Pendampingan desa tidak mudah, karena harus mengawal perencanaan, pendataan, pengawasan bahkan BUMD. Kami berharap ini didorong karena desa memiliki potensi yang berbeda-beda,” harapnya.

Sementara Kepala DPMD Banjar, H Syahrialludin, menjelaskan rapat koordinasi itu adalah agenda rutin antara Pemkab Banjar dengan tenaga ahli, pendamping kecamatan dan desa.

“Kami menyinkronkan kegiatan-kegiatan terutama pendampingan, mereka selaku petugas pendamping mengawal dana desa, kami mengevaluasi sejak triwulan pertama sampai sekarang terkait progres yang sudah dilaksanakan, kendala, permasalahan dan dibahas serta dievaluasi bersama,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan oleh Bupati Banjar didampingi Kepala DPMD dan Ketua Koordinator Tenaga Ahli Kabupaten Banjar Dian Patriatmini Utami.