liga 1

Bungkam Barito Putera, PSS Sleman Akhiri Puasa Kemenangan

PSS Sleman sukses membungkam PS Barito Putera pada laga lanjutan putaran kedua Liga 1 2023/2024 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (26/11) sore.

Pemain Barito Putera, Bagus Kahfi (tengah) saat dikepung pemain PSS Sleman dalam pertandingan lanjutan Liga 1 2023/2024, Minggu (26/11). Foto: instagram/psbaritoputeraofficial

apahabar.com, JAKARTA - PSS Sleman sukses membungkam PS Barito Putera pada laga lanjutan putaran kedua Liga 1 2023/2024 di Stadion Maguwoharjo, Minggu (26/11) sore.

Tim Super Elang Jawa itu berhasil mengandaskan tamunya Barito Putera 2-1 berkat gol yang diciptakan Jihad Ayoub (32') dan Hokky Caraka (70'). Sementara tim tamu hanya membalas sebuah gol dari Eksel Runtukahu (84').

Bagi PSS, hasil ini membuat mereka mengakhiri puasa kemenangan di Liga 1 musim ini.

Sebelumnya, Jonathan Bustos dan kawan-kawan tak mampu mengalahkan lawannya di 10 pertandingan terakhir sejak mengalahkan Persita Tangerang 3-2 pada 18 Agustus lalu.

Baca Juga: Link Live Streaming PSS Sleman vs Barito Putera

Meski menang, PSS sebenarnya butuh perjuangan keras mendapatkan kemenangan atas Barito Putera di pertandingan tersebut.

PSS yang mengambil inisiatif serangan sejak awal babak pertama sempat mengalami kesulitan menembus pertahanan lawannya.

Baru di menit 20 PSS bisa mengancam gawang Barito Putera. Umpan terobosan Wahyudi Hamisi yang mencari Todd Ferre di depan mulut gawang lawan masih bisa dibaca oleh barisan bek Laskar Antasari dengan baik.

Menit ke-31, PSS dapat tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Barito Putera. Sayang bola yang dieksekusi Abduh Lestaluhu belum mampu dimanfaatkan dengan sempurna.

Baca Juga: Link Live Streaming Dewa United vs Persib Bandung

Memasuki menit ke-32, gol yang ditunggu-tunggu PSS akhirnya tercipta. Jihad Ayoub berhasil merobek jala gawang Barito Putera yang dijaga, Ega Rizky Pramana.

Tandukan Ayoub memanfaatkan umpan set piece Jonathan Bustos tak mampu dihalau mantan kiper PSS itu.

Selepas gol itu, PSS Sleman belum mengendurkan serangan. Hokky Caraka dapat peluang emas memanfaatkan umpan Bustos. Namun, tandukannya masih melembung ke atas gawang Ega Rizky.

Barito Putera juga beberapa kali membuat peluang, tapi sepakan keras dan penetrasi para pemainnya masih belum menemui sasaran.

Baca Juga: Menang 2-1, Bali United Pepet Borneo FC di Puncak Klasemen Liga 1

Hingga babak pertama berakhir, PSS berhasil mempertahankan keunggulan 1-0.

Di babak kedua, Jonatan Bustos dan kawan-kawan tetap tampil solid meski bermain dikandang tak didukung suporternya secara langsung.

Meski lebih banyak bermain bertahan, Super Elang Jawa tetap memiliki banyak peluang berbahaya.

Kondisi itu didapatkan melalui serangan balik ketika Barito Putera melakukan serangan dan buntu di pertahanan lawannya. PSS pun langsung bergerak dan menyerang dengan cepat.

Baca Juga: Hasil Liga 1: PSM Bungkam Persikabo, Persita Sikat RANS Nusantara

Hasilnya, Hokky Caraka berhasil menggandakan kunggulan PSS pada menit 70. Gol tersebut tercipta usai tendangan keras kaki kirinya merobek gawang Barito Putera dengan mulus.

Bahkan di menit 80, Super Elang Jawa hampir memperbesar keunggulan jika tendangan Ajak Riak tidak membentur tiang gawang. 

Tak berselang lama, Barito Putera akhirnya memperkecil kedudukan di menit 84. Sepakan Murilo Mendes yang sempat ditepis kiper PSS, Eksel Runtukahu berhasil memanfaatkan bola rebound untuk mencetak gol di laga itu.

Sayangnya, gol tersebut tak memberikan dampak positif untuk Barito Putera. Sebab hingga pertandingan usai, Laskar Antasari tak mampu menyamakan kedudukan dan pasrah menderita kekalahan pertama dalam 6 pertandingan terakhirnya.

Baca Juga: Klasemen Liga 1: Borneo FC Nyaman di Puncak, Persib Mengintip

Bahkan Barito Putera harus kehilangan Rizky Pora di laga selanjutnya. Sebab, ia mendapatkan kartu merah usai melakukan protes terhadap wasit saat pertandingan berakhir.

Dengan hasil ini membuat PSS naik ke posisi 13 klasemen sementara Liga 1 dengan 23 poin. Sedangkan Barito putera menempati peringkat 7 dengan 28 poin.