Tak Berkategori

Breaking! Sejumlah Wilayah di Barabai HST Mulai Terendam Banjir

apahabar.com, BARABAI – Debit air di Sungai Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengalami kenaikan. Air…

Air menggenangi kawasan Pasar Murakata, HST. Foto-apahabar.com/Lazuardi

apahabar.com, BARABAI – Debit air di Sungai Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) mengalami kenaikan. Air sungai di tengah kota Barabai bahkan sudah mencapai jalan umum.

Pantauan apahabar.com, sejumlah daerah di Kecamatan Barabai pun mulai terendam. Ketinggian air di kawasan terendah mencapai sebatas betis orang dewasa.

Kawasan itu antara lain, Jalan Pasar I hingga Pasar III, Jalan Kemasan, Bulau Sarigading, Munti Raya, Hevea, Kampung Qadhi, Pajukungan, Jaranih dan perbatasan HST-HSS.

Kondisi ini diperparah dengan intensitas hujan sedang hingga lebat.

Baca halaman selanjutnya:

Dikonfirmasi Kepala Pelaksana BPBD HST, Budi Haryanto menyebutkan ketinggian air di wilayah terendah mencapai 30 sentimeter.

Sementara di wilayah hulu Sungai Barabai yakni di Sungai Hantakan, kata Budi, mengalami kenaikan.

“Di Sungai Alat Hantakan kenaikan kurang lebih 40 sentimeter. Jadi total kurang lebih 90 centimer,” terang Budi

Saat ini, lanjut Budi, BPBD telah berkoordinasi dengan pihak Kodim 1002/Barabai.

“Kami menginfokan lewat masjid hingga langgar untuk waspada dan siap siaga,” tegas Budi dihubungi apahabar.com melalui sambungan WhatsApp, Kamis (1/4) malam.

Sementara itu, salah satu warga yang berada di Cabai, Kecamatan Hantakan, Reza, dihubungi apahabar.com menyebutkan sungai di wilayah itu masih batas aman. Hanya saja hujan masih mengguyur daerah Meratus, hulu Sungai Barabai.

“Aliran air cukup deras menuju ke hilir. Seperti tidak ada yang menghambat,” tutup Reza

Berdasarkan peringatan dini prakirawan BMKG Kalsel, kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 21.00 Wita.

“Hujan dengan intensitas lebat-sedang disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi Batu Benawa, Batang Alai Selatan, Batang Alai Utara, Barabai, Haruyan dan Labuan Amas Selatan,” tulis BMKG Kalsel.

Luapan sungai barabai mencapai jalan di Hevea Barabai, HST. Foto-apahabar.com/Lazuardi