Tak Berkategori

BPBD Kalsel Imbau Masyarakat Waspadai Kemungkinan Banjir

apahabar.com, BANJARMASIN – Tingginya curah hujan beberapa hari ini bisa memicu terjadi banjir. Atas dasar itu lah…

Ilustrasi banjir. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARMASIN -Tingginya curah hujan beberapa hari ini bisa memicu terjadi banjir. Atas dasar itu lah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel mengeluarkan peringatan potensi banjir di Kecamatan Ara, Kabupaten Tabalong dan Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan.

“Kedua daerah rawan banjir itu selalu kita pantau sejak awal musim hujan 2018 kemarin. Alhamdulillah sampai saat ini tidak adanya informasi banjir," ucap Kepala BPBD Kalsel, Wahyudin kepada apahabar.com.

Baca Juga:BREAKING NEWS: Puting Beliung Ngamuk di Amuntai, 4 Bangunan Remuk

Sebab, dua daerah yang letaknya di ujung Kalsel itu memiliki letak geografis yang memungkinkan banjir ketika durasi curah hujan tinggi.

Sedangkan untuk daerah langganan banjir lainnya berdasarkan data BPBD, biasa terjadi jalan protokol Kabupaten Tanah Bumbu. Ia memperkirakan di kabupaten penghasil batu bara biasanya banjir pada akhir musim hujan.

Kondisi itu diakuinya, tidak hanya berlaku untuk Kabupaten Tanah Bumbu, tetapi untuk semua wilayah yang kemungkinan terjadi musibah dadakan saat musim hujan.

“Semua wilayah ketika sungai pasang dan aliran drainase terhambat, memungkinkan terjadinya genangan air," tegasnya.

Walau demikian, pihaknya tetap akan mengantasipasi kemungkinan datangnya banjir. Karena itu ia mengimbau warga Kalsel agar selalu memantau informasi cuaca terkini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Imbauan tersebut tidak hanya berlaku bagi warga yang daerah berpotensi banjir, tetapi masyarakat yang tempat tinggalnya jauh dari banjir pun harus ikut mewaspadai saat curah hujan tinggi.

Baca Juga:Garut Digoncang Gempa 4,1 Magnitudo Siang Ini

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif