Pemkab Balangan

BPBD Balangan Imbau Masyarakat Jangan Bakar Lahan Saat Kemarau

apahabar.com, PARINGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan mengimbau masyarakat untuk tidak memanfaatkan musim kemarau…

Ilustrasi: Karhutla. Foto-Jawa Pos

apahabar.com, PARINGIN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balangan mengimbau masyarakat untuk tidak memanfaatkan musim kemarau untuk membuka lahan dengan cara membakar.

Kasi Kedaruratan dan Penanggulangan Bencana BPBD Balangan, Syuhada, menerangkan BPBD akan terus memantau dan melakukan antisipasi terjadinya Karhutla di Bumi Sanggam.

“Antisipasi ini akan dilakukan untuk terus berupaya menekan terjadinya karhutla sedini mungkin. Begitu pula kepada warga masyarakat agar turut serta mencegah terjadinya karhutla tersebut,” tegasnya, Minggu (31/6).

Wilayah Kabapaten Balangan terdiri dari lahan gambut, semak belukar, lahan pertanian dan perkebunan, sehingga sangat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Menurutnya, untuk daerah-daerah yang masuk kategori rawan karhutla adalah di Kecamatan Batumandi, Lampihong, Paringin, Paringin Selatan.

“Wilayah di empat kecamatan ini sebagian lahannya mempunyai lahan gambut dan perkebunan sawit, sehingga perlu diwaspadai,” ujarnya.

Selain itu juga ada daerah pegunungan seperti Kecamatan Halong, Tebing Tinggi, Juai dan Awayan juga bisa terjadi karhutla karena banyak kawasan hutan dan perkebunan karet serta lahan pertanian.

“Kita imbau kepada masyarakat agar tidak memanfaatkan musim panas atau kemarau ini untuk membuka lahan dengan cara membakar,” pungkasnya.(Ant)

Editor: Puja Mandela