Blak-blakan BEM Kecewa Atas Turunnya Akreditasi ULM

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (BEM ULM) bereaksi terhadap penurunan akreditasi dari A ke C.

Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (BEM ULM) bereaksi terhadap penurunan akreditasi dari A ke C. Foto: Bahaudin Qusairi

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (BEM ULM) blak-blakan  kecewa atas penurunan akreditasi dari A ke C.

Penurunan kualitas pendidikan tersebut salinan surat Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

"Kami menyampaikan kekecewaan terhadap kabar akreditasi ULM yang turun, apalagi di tengah ULM berbenah ke ranah yang lebih baik," ujar Ketua BEM ULM, Muhammad Syamsu Riza, Rabu (25/9/2024).

Menurutnya penurunan akreditasi ini menjadi tamparan besar bagi perguruan tinggi tertua di Kalimantan Selatan (Kalsel) itu.

Dengan begitu, ia meminta sosok yang membuat ULM jatuh ini untuk bertanggungjawab membaiki citra baik kampus.

"Penurunan akreditasi menjadi efek domino ke depan," ucapnya.

Karena itu, lanjut dia, bahwa dampaknya bakal terasa bagi mahasiswa aktif maupun alumni ULM sendiri. Mereka bakal kesulitan mencari kerja akibat akreditasi kampus mengalami penurunan.

"Bisa dikawal oleh semua elemen, terutama kalangan mahasiswa," tuturnya.

Ke depannya, para mahasiswa dari berbagai fakultas melakukan pendalaman isu di wilayah masing masing. Hasil yang diperoleh bakal dikonsolidasikan secara masif oleh mahasiswa untuk kembali mengembalikan akreditasi ULM.

"Pimpinan ini membijaksanai yang menjadi kabar di publik," harapnya.