Tak Berkategori

Bidik Event Nasional, Tabalong Segera Bangun Gedung Pramuka

apahabar.com, TANJUNG – Berharap bisa menjadi tuan rumah hingga event nasional, Pemerintah Kabupaten Tabalong berencana membangun…

Paripurna Dewan Kerja se Kwarcab Tabalong di Gedung Pusat Informasi dan Pembangunan Tanjung, Rabu (30/01/2019). Foto-Arif Nur Budiman

apahabar.com, TANJUNG - Berharap bisa menjadi tuan rumah hingga event nasional, Pemerintah Kabupaten Tabalong berencana membangun gedung pramuka berikut bumi perkemahan.

Pembangunan ditarget rampung 2020 mendatang."Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani sendiri mengemukakan rencana pembangunan gedung pramuka dan bumi perkemahan," ungkap Ketua Harian Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong, H Erwan.

Dikemukakannya usai Rapat Kerja Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka se Kabupaten Tabalong dan Sidang Paripurna Dewan Kerja se Kwarcab Tabalong di Gedung Pusat Informasi dan Pembangunan Tanjung, Rabu (30/01/2019), pembangunan difokuskan di kawasan Tanjung Selatan dengan memakan luas lahan sekitar 2 hektar.

Namun untuk lokasi titik pembangunan bumi perkemahan, Erwan masih belum bisa memastikan. Alasannya saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

Selanjutnya pihak akan membuat usulan ke Majelis Pembina Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong.

Baca Juga:Keterbatasan Anggaran, KPID Kalsel Kurangi Tenaga Honorer

"Bersama dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Tabalong, kami sudah membuat dokumen perencanan itu dari 2 tahun yang lalu," ucap Erwan. Untuk masterplan pembangunan sendiri, Erwan mengaku sepenuhnya menyerahkan urusan teknis ke Dinas PU Tabalong.

Erwan menyebut gedung pramuka dan bumi perkemahan kebutuhan urgent bagi keberlangsungan aktifitas Gerakan Pramuka di Kabupaten Tabalong.

"Dinamika Gerakan Pramuka di Kabupaten Tabalong ini sangat tinggi dan kita sering ada agenda perkemahan," jelas Erwan.

Dengan akan dibangunnya gedung pramuka dan bumi perkemahan, Erwan menargetkan Kabupaten Tabalong dapat menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan tingkat provinsi hingga nasional.

Sementara Mudiyono, Sekretaris Umum Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong memaparkan pelaksaan Rapat Kerja Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se Kabupaten Tabalong kali ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil kegiatan 2018 dan persiapan pelaksanaan program kerja di 2019.

"Secara garis besar 2019 kita ada 25 program kerja yang nanti akan kita laksanakan," terang Mudiyono

Diketahui dalam hal pendanaan kegiatan, Kwarcab Tabalong di 2019 ini telah menerima dana hibah dari Pemerintah Kabupaten Tabalong senilai Rp 959.000.000. Jumlah itu lebih besar dari 2018 lalu yang hanya senilai Rp650.000.000.

Baca Juga:Rumah Guru Terbakar, Murid SMAN 1 Banjarbaru Galang Dana

Reporter: Arif Nur Budiman
Editor: Syarif