Bertemu STY di GBK, Jokowi Ungkap Soal Masa Depan Timnas Indonesia

Presiden Jokowi sempat melakukan diskusi dengan kepala pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terkait dengan masa depan tim nasional Indonesia

Presiden Jokowi bersama PSSI dan Kapolri menyempatkan hadir di sela-sela latihan Timnas U-20 di SUGBK (Foto: dok. PSSI)

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Jokowi sempat melakukan diskusi dengan kepala pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terkait dengan masa depan tim nasional Indonesia.

Hal tersebut dilakukan oleh Jokowi saat dirinya menyempatkan hadir bertemu dengan para pemain Timnas U-20 dan pelatih Shin Tae-yong di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (1/4).

Dalam pertemuannya dengan nahkoda skuat Garuda itu, Jokowi mengatakan Shin Tae-yong mengakui masih banyak yang harus dibenahi oleh tim nasional Indonesia.

“Tadi Coach Shin Tae-yong menyampaikan masih ada titik-titik lemah [skuat Garuda] yang perlu diperbaiki, baik fisik dan sedikit pada sisi skill,” ungkap Presiden Jokowi.

Tak hanya menyampaikan soal titik kelemahan timnas, Jokowi juga menyampaikan Shin Tae-yong juga melaporkan terdapat kemajuan dari sisi kemampuan skuat Garuda.

Jokowi menyampaikan, menurut pelatih asal Korea Selatan itu, kemampuan para pemain muda Indonesia bisa menjadi modal besar untuk Indonesia dalam menghadapi kompetisi internasional.

“Ada perbaikan yang sangat mendasar di sisi skill sehingga persiapan mereka untuk masuk di kompetisi itu, Coach Shin menyampaikan sangat siap,” ucap Jokowi.

Dalam kesempatan menyambangi sesi latihan terakhir timnas Indonesia U-20, kedatangan orang nomor satu di Indonesia itu untuk memberikan semangat kepada para pemain timnas U-20.

Terlebih, dengan batalnya Timnas U-20 mentas di ajang Piala Dunia U-20, Jokowi berharap para penggawa Garuda Muda tidak harus berlarut dalam kesedihan dan gagal bermain di kejuaraan dunia itu.

“Ya sore hari ini saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberikan semangat kepada tim U-20. Itu agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan,” jelas Jokowi.

Di sisi lain, terkait batalnya Timnas Indonesia mentas di ajang Piala Dunia U-20, Jokowi meminta hal tersebut di jadikan sebagai pembelajaran dan jangan saling menyalahkan satu sama lain.