BPJS Kesehatan Barabai

Bertahun-tahun Jadi Peserta JKN-KIS di HST, Ini harapan Adriansyah

apahabar.com, BARABAI – Keluarga Adriansyah (35) bersyukur terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS). Adriansyah dan…

Adriansyah setelah mengurus perpindahan faskesnya di Kantor BPJS Kesehatan Cabanh Barabai. Foto-Fery for apahabar.com

apahabar.com, BARABAI – Keluarga Adriansyah (35) bersyukur terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS).

Adriansyah dan istri serta dua anaknya menaruh harapan sekaligus mengapresiasi program jaminan kesehatan itu. Pasalnya mereka mengetahui dan merasakan manfaat dari adanya program JKN.

Dia berharap BPJS Kesehatan yang menggawangi program itu terus memberikan pelayanan yang semakin prima kepada masyarakat luas.

"Saya harap program ini terus berkembang, menjamin masyarakat, dan memberi rasa aman dari rasa takut akan biaya ketika sakit," kata Andriansyah.

Keluarga kecil dari Desa Banua Hanyar Kecamatan Pandawan, Hulu Sungai Tengah (HST) ini terdaftar sebagai penerima bantuan iuran dari pemerintah.

Meski sudah bertahun-tahun menjadi peserta JKN, Andriansyah mengaku jarang menggunakannya. Tetapi dia menilai banyak manfaat ketika menjadi pemegang kartu hijau itu.

"Pernah, tapi memang tidak terlalu sering kami pakai kartu ini, tapi hampir setahun sekali ada kalanya kami cek kesehatan minimal ke puskesmas dan itu pasti terjamin," kata Adriansyah.

Dia dan kuarga bersyukur dan berterima kasih atas kebersediaan pemerintah mendaftarkan saya dan keluarga saya menjadi peserta JKN-KIS.

“Saya terdaftar dan gratis tanpa iuran setiap bulan," kata dia saat mengurus keperluan pindah faskes di BPJS Kesehatan Cabang Barabai belum lama tadi.

Menurut Andriansyah, dengan terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, dirinya dan keluarga menjadi tenang dalam beraktivitas.

"Kami jadi nyaman menjalani kegiatan sehari-hari karena kami memiliki jaminan yang sangat luas manfaatnya ini. Terutama soal kesehatan," tutur Andriansyah.

Selain pernah merasakan manfaatnya secara langsung, Andri mengaku kerap mendengar manfaat JKN-KIS ini dari tetangga maupun keluarganya.

"Dari cerita-cerita tetangga dan keluarga saya banyak mendapatkan pandangan betapa pentingnya terdaftar di JKN-KIS ini, manfaatnya sangat luas, bisa menjamin penyakit-penyakit berat dan biaya perawatan yang sangat besar bahkan tanpa mengeluarkan sepeserpun uang," terang Andriansyah.