Bersama Relawan, Yamin - Ananda Pantau Langsung Kondisi Sungai di Banjarmasin

Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin nomor urut 02, H Muhammad Yamin HR dan Hj Ananda, melakukan kegiatan susur sungai untuk memantau secara langsung k

Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin nomor urut 02, H Muhammad Yamin HR dan Hj Ananda, melakukan kegiatan susur sungai untuk memantau secara langsung kondisi sungai-sungai di Kota Banjarmasin. Foto-y2n

bakabar.com, BANJARMASIN - Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin nomor urut 02, H Muhammad Yamin HR dan Hj Ananda, melakukan kegiatan susur sungai untuk memantau secara langsung kondisi sungai-sungai di Kota Banjarmasin. 

Kegiatan yang diikuti oleh Relawan Urban Ranger dan Baramuda ini dimulai dari Sungai Kelayan, Kelayan Kacil, Sungai Bagau, hingga ke Sungai Martapura.

H Muhammad Yamin HR mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi sungai di Banjarmasin saat memantau langsung dilapangan. 

"Kami tadi sore melaksanakan kegiatan susur sungai, melihat kondisi sungai kita mulai dari Sungai Kelayan, Kelayan Kacil, tembus ke Sungai Bagau, dan keluar di Sungai Martapura," ungkapnya. Kamis (17/10/2024). 

Menurut Yamin, kondisi sungai sangat memprihatinkan. Banyak sampah, ilung (tanaman air), serta sungai yang juga mulai dangkal.

"Sangat miris hati melihat keadaan seperti ini, dengan banyaknya sampah dan ilung, dan sungai yang sangat dangkal," ujarnya.

Selain itu, di beberapa tempat, Yamin dan tim juga mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat. Ia menekankan pentingnya perhatian pemerintah terhadap pengelolaan sungai, mengingat Banjarmasin dikenal sebagai Kota Seribu Sungai. 

"Ini harus menjadi fokus pemerintah ke depannya, apakah nanti perlu revitalisasi atau bagaimana, karena Banjarmasin merupakan Kota Seribu Sungai," tegasnya. 

Yamin juga menegaskan bahwa jika dirinya diberi kesempatan memimpin Banjarmasin, revitalisasi sungai akan menjadi salah satu prioritasnya. 

"Insya Allah, ini juga akan menjadi program kami untuk mengembalikan sungai-sungai menjadi lebih baik lagi dan juga sebagai salah satu destinasi wisata," tutupnya.(adv)