Tak Berkategori

Berkurban Puluhan Sapi, HPN Kalsel Berbagi ke Masyarakat Terdampak Pandemi

apahabar.com, BANJARBARU – Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kalimantan Selatan (HPN Kalsel) bekerja sama dengan Ikatan Pesantren Indonesia…

Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kalimantan Selatan (HPN Kalsel) bekerja sama dengan Ikatan Pesantren Indonesia dan Lembaga Perekonomian NU Banjarbaru, melakukan penyembelihan puluhan ekor sapi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kalimantan Selatan (HPN Kalsel) bekerja sama dengan Ikatan Pesantren Indonesia dan Lembaga Perekonomian NU Banjarbaru, melakukan penyembelihan puluhan ekor sapi.

Sekretaris HPN Kalsel, Edy Setyo Utomo selaku koordinator pelaksanaan ibadah kurban, saat ditemui wartawan di sela-sela penyembelihan hewan kurban menjelaskan bahwa di 2021, hewan kurban yang berhasil dihimpun HPN se-Kalsel sebanyak 35 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

"Ini di luar dari ekspektasi kami. Pelaksanaan penyembelihan kurban, pendistrubusian, diserahkan masing-masing kepada panitia setempat. Untuk Banjarbaru pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan di Pondok Pesantren Walisongo Banjarbaru,” ujarnya, Rabu (21/7).

Ditambahkannya, berkurban sebagai salah satu sikap meneladani Nabi Ibrahim AS.

Apalagi, lanjutnya di masa pandemi seperti sekarang, bantuan berupa daging kurban tentu akan meringankan masyarakat sekitar yang terdampak.

“Daging kurban dibagikan kepada warga lingkungan tempat kurban dilaksanakan, ada di lingkungan pondok pesantren, lingkungan masjid. Ada juga yang kita khususkan ke pada anak yatim piatu dan warga yang terdampak dan sedang isoman,” jelasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan kurban HPN di Banjarbaru dipimpin langsung oleh KH Abdul Hamid Marzuqi selaku Ketua HPN Kalsel.

Dimulai dengan serah terima atau akad penyerahan hewan kurban dari pemberi kurban, lalu pembacaan doa.

Pimpinan Pondok Walisongo ini mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang berkurban, baik yang di Banjarbaru maupun di pengurus cabang.

“Jazakumullah khairan katsiro kepada semua yang berkurban, kepada panitia, sehingga ibadah kurban bisa terlaksana dengan aman, lancar dan sesuai harapan,” ujar Gus Hamid sapaan akrabnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada Ketua Umum IPI Kalsel, Mukri Yunus dan Ketua PCNU Banjarbaru Muslih Amberi, yang telah memberikan dukungan, sehingga kegiatan kurban bisa terlaksana.

Adapun pembagian daging kurban dari HPN ini disambut dengan suka cita oleh masyarakat.

“Ribuan terima kasih kepada HPN terutama kepada para pekurban, semoga kita semua diberi kesehatan dan keselamatan, dijauhkan dari penyakit dan marabahaya,” ujar penerima daging kurban dari Kelurahan Landasan Ulin Utara, Fitri.