Berikut 6 Bahan Alami Mencegah Mual di Pagi Hari

Mual bisa terjadi kapan saja dan dimana saja akibat beberapa hal seperti mabuk perjalanan, kehamilan, stres, kekenyangan, keracunan makanan, dan lainnya. Sering

Ilustrasi. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN - Mual bisa terjadi kapan saja dan dimana saja akibat beberapa hal seperti mabuk perjalanan, kehamilan, stres, kekenyangan, keracunan makanan, dan lainnya. Seringkali dibarengi keinginan untuk muntah.

Dikutip dari Insider, Selasa (4/10), mual akibat refluks asam dan makan berlebihan. Ada banyak beredar obat antimual, namun Anda juga bisa mencoba menggunakan bahan alami.

Berikut 6 bahan alami untuk mencegah rasa mual:

1. Jahe

Jahe. Foto-Istimewa

Jahe memiliki antiinfamasi. Senyawanya bisa dengan cepat memindahkan isi lambung ke usus halus sehingga efektif untuk meredakan mual.

Sebuah studi mengatakan memakan satu gram jahe per hari selama 5 hari bisa mengurangi gejala mual dan muntah pada kehamilan muda.

Sementara itu, sepotong jahe bisa juga dimasukkan dalam teh atau sebagai bumbu rempah makanan. Namun harus dipastikan bahwa anda tidak "alergi" jahe.

2. Daun mint

Daun Mint. Foto-istimewa

Daun mint memberikan efek menenangkan. Kandungan mentol diduga kuat dalam efek tersebut. Walaupun tidak seefektif jahe, tetapi daun mint bisa dicoba untuk dimasukkan kedalam teh atau minyak aroma terapinya.

3. Makan dalam porsi kecil

Ilustrasi makan. Foto-Istimewa

Seperti di awal tadi, salah satu akibat mual adalah kekenyangan.

Makan lah dengan porsi kecil dan usahakan hambar bisa sedikit membantu mengurangi rasa mual.

Hindari soda, makanan pedas, jus, dan alkohol. Gantilah dengan bubur atau nasi.

4. Tetap terhidrasi

Ilustrasi minum air putih. Foto-Istimewa

Ternyata, mual dan muntah adalah gejala utama kelelahan setelah kepanasan. Mungkin akan susah untuk minum dan makan saat mual, tapi dehidrasi hanya akan memperburuk keadaan.
Minum air putih membantu merendahkan suhu tubuh dan kembali ke temperatur normal.

5. Duduk tegak

Ilustrasi duduk tegak. Foto-Istimewa

Hindari berbaring dengan lurus karena hanya akan menyebabkan muntah. Penting untuk tetap memosisikan kepala lebih tinggi dari perut.

Duduk tegak juga dapat menjaga isi perut tetap rendah. Bisa berbaring, asalkan mengganjal kepala dengan beberapa bantal.

6. Akupresur

Ilustrasi Akupresur. Foto-Istimewa

Akupresur adalah praktik pengobatan alternatif yang menerapkan tekanan ke titik-titik tertentu pada tubuh, yang dikenal sebagai meridian. Telah ditinjau dalam sebuah jurnal bahwa akupresur dapat mengurangi gejala mual.

Titik mual disebut Perikardium 6 atau Neiguan yang ada di pergelangan tangan, bergerak dari sini menuju dada lalu ke perut bagian atas. Cari benjolan di lengan dalam dan perlahan berikan tekanan secara melingkar menggunakan jempol sampai 2 atau 3 menit. Lakukan hal yang sama di lengan satunya.6. Akupresur