jembatan ambruk

Belasan Wisatawan Tercebur ke Laut, Jembatan Penghubung Ambruk di Nusa Penida

Jembatan penghubung antara Dermaga ke ploton boat di Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida Ambruk mengakibatkan puluhan orang tercebur ke laut

Jembatan penghubung di Nusa Penida ambruk. Foto: apahabar.com/Nila

apahabar.com, NUSA PENIDA - Belasan wisatawan tercebur ke laut di Pelabuhan Banjar Nyuh Nusa Penida saat akan menaiki boat karena jembatan penghubung antara Dermaga ke ploton boat tiba-tiba ambruk pada Kamis 15 Desember 2022.

Sejumlah saksi mata mengatakan, saat kejadian sekitar 35 orang berada di atas jembatan, padahal kontur jembatan tak bisa menampung kepasitas orang sebanyak itu secara bersamaan.

Peristiwa ambruknya jembatan penghubung antara dermaga utama dan plonton naik boat di Pelabuhan Penyebrangan Banjar  Nyuh, Nusa Penida ini terjadi pada pukul 16.45 wita.

Saat itu Speed Boat Semabu Hills yang akan berangkat menuju Pelabuhan Sanur menunggu para penumpang.

Dua orang saksi mata yaitu Komang Sugik seorang driver dan I Wayan Sarma petugas KPLP, mengatakan boat yang akan membawa penumpang ke Pelabuhan Sanur menunggu di depan jembatan penghubung.

Sebelum keberangkatan, penumpang yang banyak didominasi olah WNA dan penumpang berwarga negara India menunggu giliran untuk memasuki boat.

Tiba-tiba jembatan penghubung antara  darmaga utama dan Plonton ambruk.  Saat itu sekitar 35 orang penumpang mencoba melintasi jembatan penghubung secara bersamaan dengan kontur jembatan yang tidak memungkinkan untuk dilintasi sebanyak itu.

Sehingga menyebabkan jembatan ambruk dan penumpang berjatuhan ke laut yang menyebabkan kepanikan dan beberapa penumpang mengalami luka ringan.

Hingga berita ini diturunkan belum terkonfirmasi jumlah korban luka. Dari laporan sementara peristiwa ini tidak sampai mengakibatkan korban jiwa dan hanya mengakibatkan beberapa penumpang mengalami luka ringan.

"Kami sedang konfirmasi dengan pihak KUPP Nusa Penida. Untuk sementara info awal tidak ada korban," ujar Ayu, dari Basarnas Bali.

Usai kejadian, Speed boat Semabu Hills dapat melanjutkan perjaanannya menuju ke Pelabuhan Sanur.