tanah bumbu

Belasan Bangunan di Satui Tanbu Dilibas Angin Puting Beliung

apahabar.com, BATULICIN – Bencana angin puting beliung terjadi di RT 01, RT 05, dan RT 14…

Angin puting beliung yang terjadi di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Satui. Foto-Humas Polres Tanbu.

apahabar.com, BATULICIN – Bencana angin puting beliung terjadi di RT 01, RT 05, dan RT 14 Desa Sumber Makmur, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu.

Kapolres Tanah Bumbu, AKBP Himawan Sutanto Saragih, melalui Kasi Humas, AKP H I Made Rasa, didampingi Kapolsek Satui, Iptu Hardaya, membenarkan kejadian tersebut.

AKP Made menjelaskan kejadian tersebut terjadi sore tadi sekira pukul 15.30 Wita di Desa Sumber Makmur yang saat itu saksi yakni H Rusiadi berada di teras rumah dengan kondisi cuaca hujan disertai petir.

Tidak lama kemudian ia melihat ada angin yang berputar dan cuaca menjadi semakin gelap yang saat itu angin datang dari arah timur mendekati rumah Fahrudin.

“Akibat angin tersebut menghancurkan bagian rumah warga dan bangunan sekolah,” ujar AKP Made, Kamis (25/11) malam.

Selanjutnya, kata AKP Made, angin terus berputar-putar naik turun di sekitar RT 01, RT 05 dan RT 14 dan mengenai bangunan rumah H Rusiadi dan beberapa rumah masyarakat, fasilitas pendidikan dan fasilitas umum lainya.

“Tidak ada korban jiwa, namun ada 13 buah bangunan yang porak poranda karena puting beliung itu dan kerugian ditaksir kurang lebih 50 juta,” sebut AKP Made.

13 buah bangunan yabg terkena puting beliung yakni 8 rumah warga, 2 gedung sekolah, 1 bangunan pasar, 1 pos kamling di RT 14, dan 1 bangunan masjid.

“Kami sudah mendatangi TKP dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait perihal penanganan terhadap masyarakat yang terdampak,” pungkasnya.