Begini Peran Posnu Kalsel Awasi Pemilu Serentak 2024

Kontestasi pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 semakin dekat.

DPD Poros Sahabat Nusantara (Posnu) Kalimantan Selatan (Kalsel). Foto-net

apahabar.com, BANJARMASIN - Kontestasi pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024 semakin dekat.

Berbagai pihak mengambil peran penting untuk terlibat dalam pengawasan pemilu. Salah satunya adalah DPD Poros Sahabat Nusantara (Posnu) Kalimantan Selatan (Kalsel).

Posnu merupakan salah satu lembaga yang diakui Bawaslu RI untuk memantau pemilu dengan dasar sertifikat nomor 15/PM.05/K1/8/2022 tentang akreditasi pemantau pemilu.

Atas dasar di atas, DPD Posnu Kalsel mengadakan Ngobrol Pemilu (Ngopi) dengan mengajak pemuda, mahasiswa dan mengundang narasumber dari Bawaslu Kalsel, Muhammad Radini.

“Saya mengajak untuk pemuda turut aktif mengawal pemilu agar berjalan dengan demokratis sesuai aturan,” ucap Pembina DPD Posnu Kalsel, Muhammad Hafizh Ridha.

Ia juga menyampaikan pentingnya peran pemuda ikut mengawasi secara utuh pemilu di Kalsel.

“Kita siap bersama-sama bergandengan tangan dalam proses pemantauan pemilu. Dan ini senada dengan yang disampaikan Ketua Forum Demokrasi Milineal Kalsel, Arbain di sela kegiatan,” katanya.

Ketua DPD Posnu Kalsel, Muhammad Saufi mengimbau seluruh peserta agar aktif memantau pemilu 2024. 

Ia mengingatkan bahwa pemilu 2024 berbeda, lantaran digelar serentak dari tingkat pusat hingga kabupaten atau kota di Indonesia. Baik ekskutif maupun legislatif.

“Terima kasih sebesar-besarnya atas partisipasi dan dukungan Bank Kalsel selaku BUMD yang sangat partisipatif dalam kegiatan pendidikan pemuda di Kalsel. Kami berharap kerja sama dan dukungan ini terus berlanjut di masa mendatang,” pungkasnya.