Kecantikan

Basic Skincare Pagi dan Malam Hari agar Kulit Cerah dan Sehat

Pentingnya menggunakan skincare secara rutin agar mempunyai kulit wajah yang cerah dan sehat

Ilustrasi penggunaan skincare. Foto: popmama

apahabar.com, JAKARTA – Pentingnya menggunakan skincare secara rutin agar mempunyai kulit wajah yang cerah dan sehat.

Perawatan kulit memainkan peran penting dalam Kesehatan dan penampilan secara keseluruhan. Perawatan kulit terutama berfokus pada area wajah, dengan rangkaian perawatan seperti, pembersihan, pelembab dan perawatan kondisi tertentu.

Melansir coloresience, Ada banyak alasan mengapa memakai skincare atau merawat kulit itu penting, termasuk Kesehatan, kepercayaan diri dan mencegah masalah kulit di kemudian hari.

1.  Kesehatan

Kulit bertindak sebagai penghalang bagi sistem internal yang penting bagi Kesehatan dan kesejahteraan. Saat kulit kering atau teriritasi, bisa terjadi retakan yang membuat lebih rentan terkena infeksi.

Kulit juga memainkan peran penting dalam melindungi dari sinar matahari dan sinar berbahaya. Itu sebabnya tabir surya direkomendasikan untuk dipakai oleh orang dewasa dan anak-anak setiap harinya.

2.  Kecantikan

Penting untuk merawat kulit karena membantu terlihat muda. Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit semakin jarang beregenerasi, yang berarti kulit mulai menunjukan tanda-tanda penuaan.

Menggunakan perawatan kulit berkualitas tinggi dan melakukan perawatan kulit seperti memakai skincare membuat kulit bersih dan bercahaya. Menggunakan produk perawatan kulit yang baik, menghilangkan sel-sel kulit mati yang bergenerasi menjadi sel-sel baru yang membuat terlihat kulit merasa lebih baik.

3.      Pencegahan

Mengambil Tindakan pencegahan dengan rutinitas perawatan kulit yang matang sangat penting untuk Kesehatan kulit jangka Panjang. Hal ini dapat membantu menghindari perkembangan kondisi dan tanda-tanda penuaan tertentu, serta mengurangi keparahan masalah yang mungkin sedang dihadapi.

Dengan cara menggunakan basic skincare dengan rutin pagi dan malam hari  maka membuat kulit semakin sehat dan cerah. Berikut Basic skincare untuk pagi dan malam hari

Pagi Hari

1. Menggunakan facial wash atau sabun cuci muka

Membersihkan wajah wajib dilakukan secara rutin di pagi hari, serta saat sedang berkeringat setelah aktifitas. Manfaat membersihkan wajah begitu penting untuk membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan partikel lainnya yang menempel pada kulit wajah.

Jika tidak dibersihkan, maka aplikasi produk-produk skincare selanjutnya akan menjadi percuma karena kotoran yang menumpuk pada wajah menghalangi penyerapan produk kedalam wajah.

2. Menggunakan Moisturizer atau pelembap

Manfaat menggunakan pelembap untuk mengembalikan protein keratin pada kulit wajah. Protein ini dibutuhkan agar kulit tetap lembap, halus, dan sehat.

Penyebab kulit wajah kering karena kelembapan alami pada kulit berkurang dan kadar pH rendah karena kurangnya protein pada kulit.

Menggunakan pelembap mampu menutrisi kulit, karena dalam pelambap terdapat berbagai macam vitamin yang diperlukan kulit wajah agar tetap cantik dan sehat.

3. Menggunakan tabir surya

Salah satu cara dilakukan untuk mendapatkan kulit tampak cerah dan terawat adalah dengan pemakaian salah satunya sunscreen. Sunscreen sangat penting untuk wajah agar terlindungi dari paparan sinar matahari.

Malam Hari

1.  Membersihkan wajah dengan Micellar water (first cleanser)

Micellar water adalah produk pembersih wajah berbahan dasar air, Umumnya didalam produk ini terkandung glinserin dan molekul surfaktan (SLS) yang disebut dengan micelles. Penggunaan micellar water merupakan tahap pertama dalam proses double cleansing.

Fungsi utama micellar water untuk mengangkat kotoran, debu, dan sisa makeup yang menempel pada wajah. Penggunaan produk ini membuat proses membersihkan wajah menjadi lebih maksimal karena mampu menjangkau hingga lapisan kulit wajah yang dalam.

2.  Membersihkan wajah dengn facial wash atau sabun cuci muka

Membersihkan wajah dengan sabun wajib dilakukan agar membersihkan wajah begitu penting untuk membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan partikel lainnya yang menempel pada kulit wajah. Dan membersihkan wajah dengan sabun melengkapi double cleansing setelah micellar water agar lebih maksimal dan wajah semakin bersih.

3.  Menggunakan moisturizer atau pelembap

Menggunakan pelembap pada malam hari sangat penting agar wajah terhidrasi, tetap lembap dan saat bangun tidur muka terasa lebih cerah dan sehat.

Dengan menggunakan tahap-tahap basic skincare ini secara rutin maka wajah akan lebih bersih, halus, berkilau dan sehat.