Sport

Barito Simulasi Serangan, 20 Pemain Disiapkan Hadapi PSIS

apahabar.com, BANJARMASIN – Sesi terakhir latihan Barito Putera di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kamis (27/06/2019) lebih…

Suasana latihan terakhir Barito Putera di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kamis (27/06/2019). Foto-apahabar.com/Fathurrahman

apahabar.com, BANJARMASIN – Sesi terakhir latihan Barito Putera di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kamis (27/06/2019) lebih banyak mensimulasikan sejumlah opsi serangan.

Simulasi itu dilakukan sebagai persiapan Laskar Antasari menghadapi PSIS Semarang dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 yang digelar di Stadion Mohamad Soebroto, Minggu (30/06/2019) malam.

“Banyak pola penyerangan yang kita simulasikan tadi. Ada sejumlah kombinasi bisa menjadi opsi saat lawan PSIS Semarang nanti,” kata pelatih Yunan Helmi usai latihan.

Opsi serangan itu, terlihat dari alur serangan yang dibangun pemain. Baik melalui bola-bola pendek, sayap, mau pun dari bawah di mulai dari kiper.

Yang menarik, Samsul Arif terlihat lebih banyak bergerak dari sektor sayap. Besar kemungkinan ia akan diturunkan di posisi itu. Jika Samsul di kanan, maka Rizky Pora di kiri.

Sementara sektor tengah, posisi Arthur Vieira biasa di belakang coba di dorong ke depan membantu Evan Dimas dan Paulo Sitanggang dalam mengalirkan bola dari barisan tengah. Sementara di depan ada Rafael Silva sebagai penyerang utama.

Tim sendiri di bagi dalam dua bagian. Menariknya posisi kiper lebih banyak diisi M Riyandi dan Aditya Harlan. Ini jadi perbincangan wartawan, jika keduanya besar kemungkinan bakal di boyong ke Semarang.

Jika melihat cara kerja pemain, Yunan mengakui masih ada keraguan dalam diri anak asuhnya ketika mengkombinasikan serangan. Kendati begitu, Yunan berharap hal tersebut sudah tidak ada lagi saat melawan PSIS nanti.

“Memang mereka kelihatan masih ragu, karena masih sering miss komunikasi. Itu harus kita hilangkan karena cemistry harus ada. Mudahan, masalah ini tidak terjadi saat melawan PSIS,” harapnya.

Pada lawatannya ke Semaranga, Yunan memastikan akan membawa 20 orang pemain. Meski tak merinci siapa saja yang akan diturunkan, namun ia menegaskan, semua memiliki kesempatan yang sama untuk bermain.

“Semua punya kesempatan bermain. Dalam dua hari kedepan, siapa yang lebih siap, dia yang akan main. Tidak menutup kemungkinan mereka yang kemarin jarang mendapat menit bermain, akan turun mengawali laga,” tandasnya.

Terkait posisi Lucas Silva sebagai gelandang bertahan, Yunan mulai berpikir untuk menempatkannya di posisi awal, sebagai bek tengah. Ia mengakui jika selama ini ia lebih banyak beroperasi sebagai gelandang, dan pada sesi latihan tadi, Lukas sudah kembali ke posisinya.

“Ada banyak opsi sebenarnya, tergantung situasi dan kesiapan si pemain sendiri. Kita masih punya Ady setiawan dan pemain muda Ferdiansyah yang bisa bermain di posisi itu,” tambahnya.

Baca Juga: Ini yang Dilakukan Yunan pada Latihan Terakhir Barito di Stadion 17 Mei

Baca Juga: Rafael Yakin Yunan Bisa Angkat Barito dari Keterpurukan

Baca Juga: Hasnur: Yang Menunjuk Ardasa Asisten Manajer Bukan Saya

Baca Juga: Sukses Imbangi Macan Putih, Simak Respon Bos Martapura FC

Reporter: Ahc02
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin