Sport

Barito Putera Lepas Rakic dan Cassio, Nama Renan Silva Mencuat

apahabar.com, BANJARMASIN – Setelah mencoret Aleksandar Rakic dan Cassio de Jesus resmi, Barito Putera mulai mencari…

Renan Silva diisukan sedang dipantau Barito Putera yang baru saja mencoret Aleksandar Rakic dan Cassio de Jesus. Foto: Liga Olahraga

apahabar.com, BANJARMASIN – Setelah mencoret Aleksandar Rakic dan Cassio de Jesus resmi, Barito Putera mulai mencari pemain asing pengganti. Nama Renan Silva pun langsung mencuat.

Performa kedua pemain segaris dengan Barito Putera yang tidak pernah mampu menjauh dari zona degradasi BRI Liga 1 musim 2021/2022.

Meski pernah menjadi top skor Liga 1 ketika membela Tira Persikabo, Aleksandar Rakic baru mencatatkan 5 gol untuk Barito Putera dari 17 pertandingan.

Kemudian Cassio de Jesus mengalami cedera dan cukup lama menepi di awal musim. Imbasnya bek kelahiran Brasil ini baru tampil dalam 6 pertandingan.

Dari 6 pertandingan itu, Barito Putera menelan 4 kekalahan dari Arema FC, Madura United, Persebaya Surabaya dan Persik Kediri secara berturut-turut.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Aleksandar Rakic dan Cassio de Jesus. Kita tidak memperpanjang kontrak mereka dan akan mencari pemain baru,” papar CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, seperti dilansir IndoSport, Sabtu (18/12).

“Kami sudah mempersiapkan pengganti Rakic dan Cassio. Namun seperti biasa, kami tidak akan menyampaikan nama pemain dimaksud sebelum resmi tanda tangan kontrak,” tegasnya.

Meski demikian, sejumlah nama mulai diapungkan menjadi pengganti Aleksandar Rakic dan Cassio de Jesus. Salah seorang yang paling santer adalah Renan Silva.

Renan Silva yang masih memperkuat Bhayangkara FC, sedang dalam situasi kurang menyenangkan. Gelandang sayap kanan ini tampaknya bukan lagi pilihan utama pelatih Paul Munster.

Dilansir dari Transfermarkt, pria kelahiran Brasil itu hanya bermain dalam 12 pertandingan dengan catatan 2 gol dan 1 assist.

Renan Silva juga kerap dibangkucadangkan, terutama dalam beberapa pertandingan terakhir. Malah Renan cenderung kalah bersaing dengan pemain lokal seperti Adam Alis dan Wahyu Subo Seto.

Hal itu berbanding terbalik semasa Renan masih berseragam Borneo FC di Liga 1 2019. Dari 30 penampilan, pemain berusia 32 tahun ini menorehkan 12 gol dan 8 assist. Hasil kerja keras itu membuat Renan dianugerahi gelar pemain terbaik Liga 1 2019.

Selain Renan Silva, pemain lain yang diisukan didekati Barito Putera adalah Kim Jin-sung. Prospek pemain kelahiran Korea Selatan ini cukup bagus, karena berusia 24 tahun dan dapat ditempatkan sebagai bek tengah maupun gelandang bertahan.

Namun upaya Barito Putera mendapatkan Kim Jin-sung tidak mudah. Mantan punggawa Timnas U-20 Korea Selatan ini sudah menjadi kepercayaan pelatih Fabio Lefundes.

Tercatat mantan pemain Jeonnam Dragons tersebut telah tampil dalam 15 pertandingan BRI Liga 1. Sedianya 17 pertandingan, tetapi Kim Jin-sung sempat terkendala administrasi di awal musim.