News

Banjir Jorong Rendam 3 Desa, Ribuan Jiwa Terdampak

apahabar.com, PELAIHARI – Wilayah Jorong, Kabupaten Tanah Laut kembali terendam banjir, seiring meningkatnya intensitas hujan sejak…

Tiga Desa di Kecamatan Jorong terendam banjir. Ribuan jiwa terdampak per Selasa (30/8). apahabar.com/Ali Chandra

apahabar.com, PELAIHARI – Wilayah Jorong, Kabupaten Tanah Laut kembali terendam banjir, seiring meningkatnya intensitas hujan sejak Senin malam (29/8).

Camat Jorong Zainal Abidin mengatakan desa yang terdampak banjir meliputi Karang Rejo, Desa Asam-Asam dan Desa Simpang Empat Sungai Baru. Bahkan di Desa Asam-Asam RT 5, RT 6 dan RT 8, air sempat mencapai 1 meter lebih.

“Warga yang terdampak banjir sudah dievakuasi ke tempat yang lebih aman, pihak BPBD dan perusahaan sudah menyalurkan bantuan,” katanya, Selasa (30/8) siang.

Seperti di Desa Simpang Empat Sungai Baru dan Desa Karangrejo, air sudah mulai terlihat surut. Sesuai laporan camat, warga yang terdampak banjir mencapai ribuan jiwa. Di Desa Asam-Asam, 296 rumah dan 1034 jiwa.

Sementara di Desa Karang Rejo meliputi RT 16 dengan 50 kepala keluarga (KK), RT 15 dengan 60 KK, RT 18 48 KK, RT 17 34 KK, RT 11 23 KK, RT 13 15 KK, RT 01 15 KK, RT 06 20 KK, RT 5 25 KK dan RT 07 sebanyak 12 KK.

Warga yang terdampak banjir sudah mendapatkan bantuan berupa sembako dan dibuatkan dapur umum. Di antaranya dapur umum di Desa Asam-Asam, Desa Karang Rejo dan Desa Simpang Empat Sungai Baru.

“Bantuan berupa sembako dari pihak perusahaan setempat sudah mulai berdatangan,” pungkasnya.