Banjir 'Hantui' Kabupaten Banjar, BPBD Imbau Warga Siap Siaga

Seperti biasanya pada musim hujan, banjir selalu menghantui Kabupaten Banjar. Di Desa Labuan Tabu, Martapura sudah mulai terggenang pada Selasa tadi.

Jalan Melati di Desa Labuan Tabu, Martapura, Kabupaten Banjar mulai kebanjiran, Selasa (16/1). Foto-apahabar.com/Hendra Lianor

apahabar.com, MARTAPURA - Seperti biasanya pada musim hujan, banjir selalu menghantui Kabupaten Banjar. Di Desa Labuan Tabu, Martapura sudah mulai terggenang pada Selasa tadi.

Sedianya Pemerintah Kabupaten Banjar sudah menetapkan status Siaga Darurat Bencana Banjir, Puting Beliung, dan Tanah Longsor sejak awal Desember 2023 hingga 31 Maret 2024.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Banjar, Warsita banjir di Labuan Tabu masih relatif aman, aktivitas masyarakat masih dapat berjalan.

Warsita bilang, mengingat curah hujan cukup tinggi di Januari ini, ada potensi desa lainnya menyusul banjir.

"Bisa meluas ke Desa Jingah Habang dan Desa Bincau Muara," ujarnya.

Untuk penanganan banjir, BPBD Banjar telah mendirikan posko siaga darurat di halaman BPBD Banjar di Bincau Martapura. Di sana, personil siap siaga 24 jam dilengkapi peralatan.

"Jika ada kejadian bencana, personel ini selalu siaga," ungkap Warsita.

Ia juga mengimbau warga yang sering terdampak banjir agar selalu siap siaga.

"Siapkan tas siaga bencana, sering-sering mengakses informasi prakiraan cuaca, waspada konsleting listrik, dan waspada hewan berbahaya masuk ke rumah," imbau Warsita.