Kalsel

Banjarmasin Terendam, Ibnu Sina Bersyukur Tak Separah Daerah Lain

apahabar.com, BANJARMASIN – Hampir seluruh wilayah di Banjarmasin terendam. Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bersyukur, mengingat…

Oleh Syarif
Air menggenangi jalan besar di Banjarmasin. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARMASIN - Hampir seluruh wilayah di Banjarmasin terendam. Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina bersyukur, mengingat Banjarmasin tak separah wilayah lain di Kalsel.

Diketahui, banjir dahsyat terjadi pada beberapa wilayah Kabupaten Banjar dan Tanah Laut. Bahkan banjir kali ini sudah memakan korban.

Pantauan apahabar.com, Kamis (14/1), hampir semua wilayah di Banjarmasin sudah terendam air.

Diprediksi akibat air sungai pasang berbarengan dengan puncak musim hujan.

Namun meluapnya air itu belum begitu menjadi permasalahan bagi Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Dengan jelas Ibnu menyampaikan, bahwa yang menimpa Kota Banjarmasin tak separah dengan daerah lain.

“Perlu diberikan informasi yang jelas kepada warga. Bahwa di Banjarmasin tak ada banjir. Yang ada cuma genangan air, dan bisa surut lagi,” ujarnya.

Ibnu menuturkan bahwa kondisi hanya disebabkan lantaran faktor alam. Misalnya La Nina, yang mengakibatkan tingginya curah hujan hingga membuat ketinggian air yang meningkat.

“Saya harap masyarakat harap bersabar, tidak usah menyalahkan siapa pun. Apalagi memviralkan di media sosial dan sebagainya. Kita mesti bersyukur karena tidak seperti daerah lain,” jelasnya.

Sebagai bentuk upaya, Ibnu mengklaim telah menginstruksikan kepada Camat, Lurah dan Satgas Kebersihan untuk membersihkan saluran-saluran, gorong-gorong dan lainnya agar tak ada sumbatan.

Selain itu, warga pun diminta untuk berpartisipasi, di samping Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin yang juga selalu siap siaga.

“Drainase juga sudah juga banyak yang diperbaiki. Saya harap itu bisa berfungsi dengan baik. Status kita masih belum bencana alam. Kita hanya mengalami bencana non alam (Covid-19),” pungkasnya.