Tak Berkategori

Banjarmasin Siapkan Ruangan Isolasi Terpusat, Ketahui Lokasinya

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemkot Banjarmasin menyiapkan ruangan isolasi terpusat untuk warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Wali…

Oleh Syarif
Banjarmasin siapkan ruang isolasi terpusat. Foto-ilustrasi/dok-apahabar.com

apahabar.com, BANJARMASIN – Pemkot Banjarmasin menyiapkan ruangan isolasi terpusat untuk warga yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menyebutkan bahwa keputusan tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan panglima TNI dan Kapolri mengenai penanganan pandemi di masing-masing wilayah.

Karena itu, pihaknya akan menyiapkan Balai Besar Diklat Sosial milik Kementerian Sosial (Kemensos) RI yang berlokasi di Jalan Batu Piring itu untuk dijadikan tempat isolasi terpusat.

“Karena itu kita sekarang fokus penanganan Isolasi Mandiri (Isoman) di level kota. Yaitu dengan menyiapkan Balai Besar Sosial milik Kemensos akan kita siapkan lokasi isolasi terpusat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya mendapat bantuan sebanyak 25 unit oksigen konsentrator yang salah satunya akan ditempatkan di lokasi tersebut.

“Dengan adanya isolasi terpusat penanganan bisa dilakukan segera. Tidak harus ke RS dulu,” tambahnya.

Di sisi lain, Ibnu juga akan memaksimalkan 3T (Testing, Tracing dan Treatment) dengan menurunkan sebanyak 104 tenaga surveilans yang baru direkrut.

“Tenaga surveilans kita turunkan hingga ke kelurahan. Empat pilar akan tetap melaksanakan tugas,” klaimnya.