Pemkot Banjarmasin

Banjarmasin Masuk 25 Kota Terbaik Nasional dalam Indeks Pembangunan Statistik

Kota Banjarmasin berhasil masuk dalam daftar 25 kota terbaik secara nasional dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik sebesar 2,96

Kota Banjarmasin berhasil masuk dalam daftar 25 kota terbaik secara nasional dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik sebesar 2,96. Foto: Humas

bakabar.com, BANJARMASIN - Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Banjarmasin menerima penghargaan Anindhita Wistara Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2024).

Kota Banjarmasin berhasil masuk dalam daftar 25 kota terbaik secara nasional dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik sebesar 2,96, sebuah peningkatan signifikan dibanding tahun lalu yang hanya mencapai 2,36.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Banjarmasin Windiasti Kartika, ST, MT menyampaikan rasa syukur atas pencapaian ini.

"Alhamdulillah, tahun ini Banjarmasin masuk ke dalam 25 kota dengan nilai indeks statistik yang baik, meningkat dari 2,36 pada tahun lalu menjadi 2,96. Ini adalah langkah besar bagi kita," ujarnya pasca menghadiri acara peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 2024 yang mengusung tema Statistik Berkualitas untuk Indonesia Emas.

"Namun, masih banyak yang perlu kita benahi agar mencapai nilai sempurna, 5, di masa depan," tambahnya.

Meski telah mencatatkan prestasi yang cukup baik, Windi menekankan bahwa Pemko Banjarmasin tidak berpuas diri. "Indeks Pembangunan Statistik adalah salah satu indikator penting dalam penilaian Reformasi Birokrasi (RB) yang dilakukan oleh Kementerian PAN-RB. Oleh karena itu, tugas kami selanjutnya adalah meningkatkan nilai ini melalui evaluasi statistik sektoral yang ada di setiap instansi pemerintah kota," kata dia.

Menurutnya, Pemko Banjarmasin bersama BPS akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap hasil penilaian penyelenggaraan statistik sektoral tahun ini.

"Langkah pertama yang akan kami lakukan bersama BPS dan Bappeda Litbang adalah mengevaluasi hasil ini. Kami akan memperbaiki kekurangan yang ada agar dapat mencapai angka yang lebih baik di tahun-tahun mendatang,” jelasnya.

Penghargaan ini merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas data statistik di tingkat nasional, di mana, tambahnya kolaborasi antar instansi sangat penting dalam meningkatkan kualitas statistik.

“Peningkatan nilai Indeks Pembangunan Statistik bukan hanya tentang angka, tetapi juga tentang bagaimana kita memanfaatkan data yang berkualitas untuk mendukung kebijakan publik dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Dengan penghargaan ini, Pemko Banjarmasin berharap dapat terus berkolaborasi dengan BPS untuk mengoptimalkan pemanfaatan data, yang pada akhirnya diharapkan mampu berkontribusi bagi tercapainya Indonesia Emas pada tahun 2045. Kegiatan itu, turut dihadiri Kepala BPS Kota Banjarmasin Sukma Handayani dan Kepala Bidang Statistik Persandian Diskominfotik Satria Yudha Lesmana.