Banjarbaru Launching Armada Damkar Baru, Diklaim Lebih Gahar-Bisa Basahi Diri Sendiri! 

Pemerintah Kota (Pemkot) fokus pada 2 kebencanaan yang sering terjadi, yakni kebakaran, baik lahan maupun permukiman dan banjir. 

Mobil damkar baru pada UPT Pemadam Kebakaran Kota Banjarbaru. Foto-apahabar.com/Fida

apahabar.com, BANJARBARU - Armada baru pada UPT Pemadam Kebakaran Kota Banjarbaru dilaunching dan diklaim lebih gahar ketimbang unit lama. 

"Dengan mobil pemadam kebakaran baru ini, pelayanan terhadap masyarakat akan lebih baik lagi dan ada peningkatan. Sehingga harapannya kebencanaan di Banjarbaru dapat tertangani dengan baik," kata Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffin kepada awak media, Jumat (21/7/2023). 

Karena, lanjutnya Pemerintah Kota (Pemkot) fokus pada 2 kebencanaan yang sering terjadi yakni kebakaran, baik lahan maupun permukiman, dan banjir. 

"Ini yang menjadi fokus, kita akan terus menambah armada untuk pelayanan ini, hari ini ada mobil pemadam, kemarin mobil patroli, dan akhir tahun ini rencananya ada mobil rescue tambahan lagi, mudah mudahan tahun depan kita bisa menambah satu unit damkar lagi," rinci Ovie, sapaan akrab Wali Kota Banjarbaru. 

Penambahan unit atau armada ini katanya dalam rangka revitalisasi, karena mobil pemadam di Banjarbaru kebanyakan sudah berusia tua.

Sebab itu, armada baru ini diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik khususnya dalam menghadapi kebencanaan. 

Sementara itu, Kasatpol PP Kota Banjarbaru, Hidayaturahman mengungkapkan, terkait keunggulan armada damkar yang baru ini. 

“Keunggulan armada baru ini, yaitu adanya double cabin sehingga tidak ada lagi petugas yang berada di luar armada saat bertugas," katanya. 

Selain itu, memiliki daya tampung air yang besar yakni berkapasitas 3.500 liter dan mampu menyemprotkan air dalam pergerakan yang fleksibel.

"Kemudian armada tersebut juga memiliki perlindungan diri apabila berada di dekat api, atau dikepung api dia akan menyemprot dirinya sendiri, juga dilengkapi alat recue lain seperti perahu karet dan tangga," rincinya. 

Ke depan, ungkapnya akan ada penambahan satu armada jenis rescue atau penyelamatan, sehingga akan lebih efektif dalam membantu menjalankan tugas pemadam kebakaran. 

Kepala UPT Damkar dan Penyelamatan Kota Banjarbaru, Safrullah menambahkan, jika total armada pemadam kebakaran saat ini berjumlah 7 unit, 5 di antaranya tangki dan 2 rescue

"Tapi salah satu dari itu akan dihibahkan ke Cempaka, rencananya unit tangki," tambahnya. 

Adapun untuk semua armada klaimnya berfungsi dengan baik tanpa masalah. 

"Semua tidak ada masalah karena terus di rawat, masih sangat layak. Dan dengan kapasitas armada yang kita punya saya pikir cukup," tandasnya.