Kalsel

Banjarbaru Direndam Banjir, BPBD Kota: Semua Aman Terkendali

apahabar.com, BANJARBARU – Banjarbaru direndam banjir, setelah hujan lebat yang turun sejak Selasa (31/12) malam hingga…

Banjarbaru direndam Banjir, BPBD turun langsung ke lokasi yang terendam. Foto-BPBD Kota Banjarbaru for apahabar.com

apahabar.com, BANJARBARU – Banjarbaru direndam banjir, setelah hujan lebat yang turun sejak Selasa (31/12) malam hingga Rabu (01/01) pagi ini.

“Ini karena hujan yang cukup deras, tapi kondisinya bagus sudah, kami di TKP mulai subuh tadi,” ujar Kepala Pelaksana BPBD kota Banjarbaru, Zaini kepadaapahabar.com.

Di lokasi, sambungnya, banyak aliran sungai yang tertutup sampah sehingga menghambat aliran air.

“Banjir ini terjadi karena memang drainasenya agak kecil, sempit. Dan di sungai itu ada saluran-saluran yang tertutup sampah,” katanya.

Menurut Zaini, banjir yang merendam di lokasi itu hanya bersifat sementara. Hal itu dipastikannya setelah dia dan tim BPBD serta relawan turun ke lokasi.

“Tapi air ini numpang lewat saja dan sampah itu tadi kita bersihkan. Gak masalah,” papar Zaini.

Dia juga menyebut, penyebab banjir tersebut dikarenakan bangunan rumah yang ada di anak sungai.

Kondisi terbaru di Cempaka, Banjarbaru setelah terendam banjir pada Rabu (01/01) pagi. Foto-BPBD Kota Banjarbaru for apahabar.com

“Di anak anak sungai ada bangunan bangunan rumah warga yang tidak bisa lagi dibenahi, karena dari dulu seperti itu, sehingga saluran air itu terhambat,” terangnya.

Beruntungnya, kata dia, di belakang lokasi banjir, ada embung yang dibuat Pemko Banjarbaru. Sehingga air mengalir ke sana dan banjir cepat surut.

Setelah dilakukan pendataan terhadap rumah warga yang terendam banjir, ungkap Zaini, tercatat ada 30 kepala keluarga (kk) yang terendam banjir, namun sekarang sudah berangsur-angsur surut.

Zaini memastikan, kondisi warga di lokasi aman terkendali.

“Ini wilayah cempaka yang dekat kuburan cempaka agak lumayan terendam karena memang daerah rendah, tapi kebetulan ada embung tadi jadi mulai surut. Kami sudah telusuri kesemuanya,” jelasnya

Zaini juga mengungkapkan pihak BPBD kota Banjarbaru telah siap, jika sewaktu waktu Banjarbaru direndam banjir lagi.

Baca Juga: Awal Tahun 2020, Kalsel Terendam Banjir

Reporter: Nurul MufidahEditor: Muhammad Bulkini