Kalsel

Banjarbaru Banjir , Cempaka Kembali Terendam

apahabar.com, BANJARBARU – Lagi, Banjarbaru direndam banjir. Kali ini puluhan RT di cempaka menjadi sasarannya. Hujan…

Kondisi terkini Banjir di Cempaka Banjarbaru, Minggu (5/1) pagi.Sumber : Kepala BPBD Provinsi Kalsel. Foto-Istimewa

apahabar.com, BANJARBARU – Lagi, Banjarbaru direndam banjir. Kali ini puluhan RT di cempaka menjadi sasarannya.

Hujan deras berjam-jam yang terjadi sejak dini hari hingga pagi tadi, tak mampu ditampung sungai. Air pun meluap dan menggenangi rumah warga.

“Begitu hujan deras beberapa jam, langsung banjir ini. Ini di Cempaka sekitar 10 RT, lebih parah dari sebelumnya,” ujar Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalsel, Wahyuddin kepada apahabar.com.

Ia memerinci, untuk banjir di Cempaka ada 2 lokasi. Pertama dekat Polsek Cempaka dan merendam 8 RT, kedua di dekat Masjid Cempaka merendam 2 RT.

Banjir di Cempaka kali ini memiliki ketinggian 1 meter lebih, sehingga beberapa orang perlu dievakuasi.

“Tinggi airnya sekitar 1 meter 20 cm, ada anak anak dan org tua yang di evakuasi Karena perahu karet tidak bisa masuk kesini, jadi mereka di gendong saja” ucap pria yang akrab disapa Ujud ini

“Sampai, saat ini sudah 3 orang yang di evakuasi karena pertama anaknya masih kecil, lalu orangtuanya sudah renta,” tegasnya.

Dikatakannya juga, pihaknya telah menurunkan 5 perahu karet. “1 dari Korem, 1 dari BPBD Banjarbaru, 3 dari BPBD Provinsi,” jelasnya.

Hal ini, menurutnya, dilakukannya sebagai upaya pengamanan.

“Karena diduga banjir yang ada ini banjir kiriman yang di lokasi 1 Cempaka yang kemarin banjir sekarang surut, lari ke lokasi 2 dan semakin dalam jadi petugas dan peralatan kita geser ke lokasi 2 ini,” ungkapnya.

Ujud menjelaskan, salah satu penyebab pasti banjir Cempaka ini ialah sungai yang dangkal dan tak di normalisasi.

“Tadinya kedalamannya 6 meter sekarang kedalaman sungai hanya 2 meter, jadi memang sungai di Cempaka ini perlu di normalisasi,” terang Ujud.

Sampai saat ini, tim BPBD provinsi atau Satgas siaga darurat banjir telah turun ke lokasi melakukan pengamanan.

“Sejak 2 Januari kemarin, kami sudah membentuk Satgas siaga darurat banjir di seluruh Kalsel. Jadi kami sudah siap dan sampai ini masih di lokasi,” paparnya.

Dengan terus memantau keadaan banjir, baik di Banjarbaru maupun seluruh Kalsel, BPBD provinsi juga telah siap dengan segala bantuan.

“Untuk bantuan siap. Sudah siaga darurat harus siap. Semua ada di gudang seperti mobildapur umum, mobil sanitasi air bersih, makanan, sandang, dan mobil komunikasi untuk operasional evakuasi” pungkasnya.

Kondisi terkini Banjir di Cempaka Banjarbaru, Minggu (5/1) pagi.Sumber : Kepala BPBD Provinsi Kalsel. Foto-Istimewa

Baca Juga: Hujan Deras, Wilayah Sekumpul Banjir

Baca Juga: Mulai 'Blusukan' di Kotabaru, Sudian Noor Bikin Ujang Terharu

Reporter: Nurul MufidahEditor: Muhammad Bulkini