Kalteng

Bandara Muhammad Sidik di Barut Diharapkan Beroperasi 2020

apahabar.com, MUARA TEWEH – Bandara Haji Muhammad Sidik di Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan…

Bupati Barito Utara Nadalsyah berada di landasan Bandara H Muhammad Sidik di Desa Trinsing Kecamatan Teweh Baru,Senin (24/02). Foto-Antara

apahabar.com, MUARA TEWEH – Bandara Haji Muhammad Sidik di Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, diharapkan mulai beroperasi pada 2020 ini.

“Semoga nanti pada hasil verifikasi, Bandara H Muhammad Sidik dapat beroperasi di tahun ini,” kata Bupati Barito Utara H Nadalsyah saat melakukan kunjungan ke Bandara Muhammad Sidik di Desa Trinsing, Senin (25/02).

Dalam kunjungannya Bupati Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj Mery Rukaini, Wakil Ketua I Permana Setiawan dan Wakil Ketua II Sastra Jaya, Sekretaris Daerah Jainal Abidin dan pejabat Bandara Beringin Muara Teweh, guna mendampingi tim verifikasi dari Kementerian Perhubungan dalam memverifikasi Bandara H Muhammad Sidik.

Dalam kunjungan itu bupati dan rombongan sempat melintasi landasan pacu bandara sepanjang 1,4 kilometer dan melihat-lihat fasilitas di Bandara H Muhammad Sidik.

Direncanakan pesawat yang beroperasi di Bandara H Muhammad Sidik masih ATR 72 yang menampung penumpang sebanyak 70 orang.

“Rute penerbangan belum banyak, masih rute Muara Teweh-Palangka Raya, Muara Teweh-Banjarmasin, dan Muara Teweh-Balikpapan. Semoga ke depannya akan bertambah rute penerbangan,” katanya.

Nadalsyah mengucapkan terima kasih kepada mantan Bupati Achmad Yuliansyah yang telah mengusulkan pembangunan bandara baru.

Baca Juga:2020, Bandara Muhammad Sidik di Barut Ditargetkan Beroperasi

“Sebenarnya Bandara H Muhammad Sidik pada 2018 lalu hampir stagnan. Tetapi pada waktu menghadap Presiden Jokowi, saya minta untuk pembangunan bandara menjadi prioritas,” kata dia.

Bupati sangat bersyukur bahwa kelanjutan pembangunan bandara segera direalisasikan oleh Pemerintah Pusat sampai dengan saat ini dilakukan verifikasi terakhir. Ia mengatakan akan segera menindaklanjuti rekomendasi tim verifikasi agar bandara bisa beroperasi.

“Semoga dari empat bandara sekelas bandara ini, nantinya Bandara H Muhammad Sidik yang dipilih untuk diresmikan Presiden Joko Widodo,” harap Nadalsyah.

Dia juga meminta dukungan dari semua pihak agar Bandara HM Sidik beroperasi maksimal yang ditandai dengan ramainya penumpang pesawat terbang.

“Jangan sampai nantinya begitu bandara beroperasi, penumpangnya tidak ada, sehingga perkembangan bandara akan menjadi sangat lambat,” ujarnya.

Kepala Dinas Perhubungan Barito Utara Fery Kusmiadi mengatakan bahwa dukungan pemerintah daerah terkait pelebaran jalan menuju bandara mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat. Hal ini menunjukkan komitmen pemerintah kabupaten dalam mendukung pengembangan bandara.

“Melihat kesungguhan Pemkab Barito Utara, Pemerintah Pusat telah mengalokasikan anggaran pembangunan bandara untuk 2020 sebesar Rp60 miliar,” ujar Fery Kusmiadi.(Ant)

Baca Juga:Sangsi Bandara Muhammad Sidik Rampung 2019

Editor: Aprianoor