Kalsel

Bakal Launching Program Martapura Bungas, DLH Kalsel Harap Kualitas Sungai Semakin Bagus

apahabar.com, BANJARBARU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel berharap kualitas sungai di Banua lebih meningkat dengan…

Ilustrasi Sungai Martapura. Foto-Antara

apahabar.com, BANJARBARU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalsel berharap kualitas sungai di Banua lebih meningkat dengan program yang bakal mereka launching di Juni mendatang.

“Kita berharap dengan program Sungai Martapura Bungas ini air sungai menjadi bersih, unggul dan asri,” ujar Kepala Dinas LH Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana, Sabtu (29/5).

Hanifah merinci, ungggul yakni dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, khususnya warga yang ada di sekitar sungai. Asri bisa didiskripsikan dengan kawasan hijau, rapi, dan indah.

Pihaknya, sambung Hanifah, nanti akan mengembalikan Sungai Martapura menjadi destinasi wisata yang luar biasa.

“Saat ini kan sungai mulai tergerus dengan adanya perumahan dan banyak sampah. Nanti kita akan sosialisasikan program ini, sehingga saat launching nanti sudah matang dan tak ada lagi ketidaktahuan masyarakat,” jelasnya.

Program ini juga akan melibatkan Danrem yang akan menjadi Satgasnya dan menggandeng seluruh instansi supaya mencapai target.

“Kita harapkan sungai ini menjadi pusaka peradaban untuk masyarakat Kalsel yang akan dijunjung tinggi,” timpalnya.

Saat ini, Hanifah mengaku masih mendiskusikan dengan Pj Gubernur Kalsel terkait launching program tersebut.
"Sedang didiskusikan agar bisa dilaksanakan pada saat peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, sehingga tak kehilangan momen," tutupnya.