prakiraan cuaca

Awas! BPBD DKI Peringatkan 9 Wilayah Jakarta Utara Berpotensi Rob Tinggi

Awas! BPBD DKI Ingatkan 9 Wilayah Jakarta Utara Berpotensi Banjir Rob

Ilustrasi banjir rob. (Foto: Kompas.com)

apahabar.com, JAKARTA– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memperingatkan di Jakarta Utara memperingatkan potensi banjir rob di Pintu Air Pasar Ikan dan berstatus siaga 2 pada Selasa, (3/1).

Kepala Satuan Pelayanan Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta Michael mengatakan Pesisir utara DKI Jakarta terancam mengalami banjir rob pada 3-10 Januari 2023 imbas dari fenomena bulan purnama. 

“Ya memang benar data tersebut, diharapkan untuk berhati-hati terutama di 9 wilayah Jakarta utara yang sudah dibagikan pada akun media sosial BPBD DKI Jakarta yang menjelaskan posisi TMA di Pintu Air Pasar Ikan untuk di sungai -128 sentimeter (cm) dan di laut 205 cm atau Siaga 2," jelas Michael saat dikonfirmasi apahabar.com, Selasa (3/1).

Baca Juga: Antisipasi Banjir, Berikut Bentuk Modifikasi Cuaca dari BPBD DKI: Pengaruh?

Adapun kelurahan yang kemungkinan akan tergenang banjir rob di antaranya wilayah Ancol, Cilincing, Kamal Muara, Kapuk Muara, Penjaringan, Pluit, Kamal, Marunda, dan Kalibaru. 

“Saya berharap untuk masyarakat mewaspadai akan rob tersebut melaluinya akun sosial media info cuaca dan peringatan dari BPBD," jelasnya.

Kemudian BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat jika dalam keadaan darurat segera menghubungi layanan pusat informasi (call center) Jakarta Siaga 112. 

Sebelumnya, Dinas Sumber Daya Manusia (SDD) mencatat cuaca di lima kecamatan yakni Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Jakarta Timur saat ini cerah, sedangkan Jakarta Selatan sedikit berawan.

Dibandingkan dengan ketinggian air pasar ikan yang berada dalam status siaga level 2, TMA dari 12 stasiun pemantauan berada dalam kondisi normal pada Selasa pagi dan berada dalam status waspada level 3.165 cm di laut.

Baca Juga: 36 Rumah Warga Kampung Pulo Ludes Terbakar, BPBD DKI: Korsleting Listrik

Di Pos Angke Hulu, tinggi muka air 85 cm dengan status normal dan mendung tipis. Sementara di Pos Pesanggrahan, TMA berada pada posisi 90 cm dengan status normal dan cuaca gerimis. 

Namun berbeda dengan wilayah lainnya, di Pasar Ikan yang berada pada status Siaga 2, TMA di 12 pos pemantauan Selasa pagi ini berada pada status normal dan Siaga 3.

Pintu Air yang berstatus Siaga 3 adalah Pintu Air Marina dengan posisi ketinggian air 134 cm di sungai dan 165 cm di laut.