Awali Turdes Part 9, Paman Birin Sambangi Tabunganen Batola

Mengawali agenda Turun ke Desa (Turdes) part 9, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor langsung menuju Kecamatan Tabunganen, Barito Kuala (Batola).

Dipimpin Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, rombongan turdes menyambangi SMAN 1 Tabunganen. Foto: Adpimprov Kalsel

apahabar.com, MARABAHAN - Mengawali agenda Turun ke Desa (Turdes) part 9, Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor langsung menuju Kecamatan Tabunganen, Barito Kuala (Batola).

Ditemani puluhan pemotor trail, termasuk Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto, Danlanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb Vincentius Endy Hadi Putra, dan Penjabat Bupati Batola, Mujiyat, rombongan menuju SMAN 1 Tabunganen.

Tidak sekadar berkunjung, pria yang biasa disapa Paman Birin itu menyumbangkan Rp10 juta untuk mempercepat pembangunan musala di sekolah tersebut.

Kemudian melakukan penanaman pohon, serta memberikan bantuan untuk penurunan stunting dan pengendalian inflasi, termasuk sembako, makanan tambahan, tablet tambah darah, serta bantuan kesiapsiagaan bencana.

Dalam kesempatan itu, Paman Birin juga menyoroti infrastruktur jalan menuju SMAN 1 Tabunganen yang dianggap belum optimal.

Didampingi Penjabat Bupati Batola, Gubernur Sahbirin Noor menyerahkan bantuan di Tabunganen. Foto: Adpimprov Kalsel

"Kami meminta Dinas PUPR untuk mencatat kondisi tersebut. Memang untuk anggaran 2023 tidak bisa, karena sudah berjalan," ungkap Sahbirin Noor.

Sebelumnya Kepala Sekolah SMAN 1 Tabunganen, Rahmat Fadhillah, memang berharap jalan menuju sekolah diperbaiki. Terlebih sekolah ini memiliki siswa kurang lebih 350 orang.

"Ini kali pertama di wilayah kami, khususnya SMAN 1 Tabunganen, dikunjungi oleh Gunernur Kalsel," tutur Rahmat.

"Sekaligus kami meminta dukungan kepada Gubernur Kalsel dan Penjabat Bupati Batola agar bisa melebarkan dan memperbaiki jalan," pintanya.

Selanjutnya setelah dari Batola, rombongan turdes bertolak menuju Tapin, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara. Lalu ke Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah dan beristirahat di Loksado.

Perjalanan dilanjutkan ke Tanah Bumbu dan Kotabaru melalui Jalan Loksado-Batulicin. Rute terakhir menyambangi Tanah Laut dan finis di Kiram.